Facebook Makin Mirip TikTok

Meta (Facebook).
Sumber :
  • DigitalAge

VIVA Tekno – Facebook memutar otaknya untuk menggaet anak muda tetap menggunakan platformnya. Yakni dengan menambahkan kolom feeds yang dapat dialihkan oleh pengguna, dengan kata lain, fitur baru ini terasa sedikit lebih mirip TikTok.

Inspiratif, Kisah Pasangan Suami Istri Pengusaha yang Sukses dari TikTok

Hal ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun Facebooknya. “Saat ini, kami meluncurkan tab Feeds tempat Anda dapat melihat kiriman dari teman, grup, Halaman, dan lainnya secara terpisah dalam urutan kronologis,” tulis Zuckerberg dalam unggahan akun Facebooknya.

“Aplikasi masih akan terbuka untuk feeds yang dipersonalisasi di tab Beranda, tempat mesin penemuan kami akan merekomendasikan konten yang menurut kami paling Anda pedulikan. Tetapi tab feeds akan memberi Anda cara untuk menyesuaikan dan mengontrol pengalaman Anda lebih jauh,” tambah Zuckerberg.

Bertemu di Istana, Bos GOTO Dapat Pesan Khusus dari Jokowi

Perombakan aplikasi Facebook baru ini juga akan memprioritaskan video perulangan di feed utama. Sekaligus juga, menawarkan cara bagi Facebook untuk melakukan sesuatu yang TikTok dan Instagram sudah dilakukan.

Misalnya, feeds pengguna yang disajikan dengan unggahan dari akun yang tidak diikuti. Facebook, melalui kehadiran feeds ini terlihat ingin mengikutinya.

Pemerintah Diminta Tegas Lindungi UMKM RI dari Ancaman Tiktok Shop

Lebih dalam, hadirnya feeds ini juga dapat dilihat sebagai salah satu indikator terbesar bahwa TikTok berpotensi menjadi ancaman bagi Facebook. 

TikTok tidak hanya menemukan cara untuk membuat ketagihan para pengguna muda yang didambakan yang ingin ditangkap kembali oleh Facebook.

Tidak heran Facebook melihat TikTok sebagai ancaman terbaru dan mungkin paling berbahaya bagi bisnisnya. Khususnya TikTok telah menjadi situs yang saat ini paling banyak dikunjungi di dunia.

TikTok hari ini, seakan menjadi surga bagi influencer, selebriti, merek, dan tentu saja, individu sehari-hari di seluruh dunia.

Blake Chandlee, mantan petinggi Facebook yang sekarang menjabat sebagai presiden solusi bisnis global TikTok, baru-baru ini menjelaskan perbedaan penting antara keduanya. Yakni, TikTok lebih merupakan platform hiburan daripada jejaring sosial, mengutip dari situs BGR, Sabtu, 23 Juli 2022.

“Facebook adalah platform sosial, mereka telah membangun semua algoritme mereka berdasarkan grafik sosial. Kami (TikTok) tidak, Kami adalah platform hiburan. Perbedaannya signifikan. Ini perbedaan besar.” ujar Blake.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya