10 Fakta TikTok yang Menarik Diketahui, Ada di 154 Negara

TikTok.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Sejak diluncurkan pada 2018, Tiktok telah menggemparkan dunia. Diunduh lebih dari 2 miliar kali di App Store dan Google Play Store, Tiktok telah melahirkan generasi baru yakni berupa hiburan.

Cocok untuk Content Creator, Aset Kripto Ini Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Saat ini aplikasi tersebut telah menciptakan komunitas tempat jutaan orang berbagi video tentang diri mereka sendiri atau orang lain. Anda dapat memikirkan topik apa pun, dan mungkin ada pencipta Tiktok yang terkenal untuk itu.

Nah, berikut ini akan kami bawa Anda pada sederet fakta menarik tentang TikTok yang jarang Anda ketahui, apa saja? Daripada penasaran, simak langsung ulasannya berikut:

Selain Narkoba, Ini Deretan Kontroversi Selebgram Chandrika Chika

TikTok.

Photo :
  • Getty Images
Menko Polhukam Sebut 5.000 Rekening Diblokir Terkait Judi Online

Tiktok memiliki rata-rata 1 juta tampilan per hari selama tahun pertama

Selama rilis globalnya pada tahun 2018, Tiktok mengumpulkan rata-rata lebih dari 1 juta penayangan video per hari selama tahun pertamanya. Pada tahun 2019, rata-rata ini meningkat secara bertahap – menjadikannya salah satu aplikasi paling viral sepanjang masa.

Banyak statistik juga menunjukkan bahwa pasar Barat aplikasi sangat memengaruhi basis penggunanya yang besar. Pada akhir tahun pertamanya, Tiktok memperoleh lebih dari 1 miliar tampilan pada kontennya.

Pada Mei 2020, kontroversi antara kreator Youtube dan kreator Tiktok dimulai

Sejak dirilis pada tahun 2005, YouTube telah menjadi platform berbagi video teratas di dunia dengan komunitas pengguna dan pembuat konten. Namun, rilis platform seperti Tiktok membuat pembuat konten YouTube mengkritik masuknya konten "malas".

Karena itu, banyak pembuat konten YouTube memulai tren di mana mereka akan duduk di depan kamera dan bereaksi tidak ramah terhadap video viral Tiktok dan mengolok-oloknya. Lebih populer lagi, tren ini muncul berkat seorang YouTuber bernama Raja Panggang India.

Pada 2019, lebih banyak orang dewasa di Amerika Serikat telah bergabung dengan Tiktok

Menurut statistik, sekitar 26,5% dari 500 juta pengguna aktif bulanan di Tiktok berasal dari Amerika Serikat untuk perangkat Android dan iOS.

Sementara basis pengguna Tiktok sebagian besar terdiri dari kelompok usia yang lebih muda, statistik menunjukkan tanda-tanda awal pergeseran ke demografis yang lebih tua seiring bertambahnya usia aplikasi.

Ini juga dapat menyiratkan bahwa pengguna tumbuh dengan Tiktok daripada menghapus aplikasi setelah mereka mencapai usia tertentu.

Tiktokers dapat berinteraksi dengan pembuat konten lain dengan menggunakan fitur 'Duet'

Fitur Duet di Tiktok memungkinkan pengguna untuk membalas video tertentu dengan video itu sendiri untuk menunjukkan reaksi mereka, meniru gerakan tarian, atau menambahkan efek kreatif untuk berinteraksi dengan video asli.

Duet Tiktok biasa menampilkan kedua video berdampingan. Namun, pengguna juga dapat berinteraksi dengan Duet itu sendiri.

Ketika pengguna menambahkan konten mereka sendiri ke dalam campuran, itu menciptakan Rantai Duet. Sederhananya, Duet juga merupakan salah satu cara utama pengguna dapat terlibat dalam tantangan Tiktok dan seluruh komunitas.

Sekitar 34% dari semua pengguna memposting setiap hari di Tiktok

Tangkapan gambar video viral konten kreator rendahkan orang jadi monyet.

Photo :
  • Instragram @ngakaksehat

Dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, Tiktok memiliki tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi daripada Instagram , Snapchat, atau Facebook . Pada Januari 2020, sekitar 34% pengguna aktif memposting rata-rata satu Tiktok per hari.

Karena tingkat keterlibatan pengguna yang tinggi ini, juga lebih mudah untuk mendapatkan pengikut dan suka di Tiktok daripada di platform media sosial lainnya. Ini juga berarti bahwa pembuat konten aktif akan mengalami pertumbuhan yang stabil di akun mereka berkat algoritme khusus aplikasi Tiktok.

Aplikasi Tiktok tersedia di lebih dari 154 negara

Dari 800 juta pengguna aktif Tiktok, sekitar 150 juta diperkirakan berasal dari China tempat aplikasi asli, Douyin, didirikan. Selain itu, platform Tiktok telah disambut secara khusus di beberapa negara Asia lainnya seperti Jepang , Vietnam , Malaysia, Indonesia, dan Thailand.

Salah satu sarana utama pendapatan yang dimiliki Tiktok adalah melalui Pendapatan Iklan

Pada tahun 2020, Tiktok memiliki beberapa metode untuk mendapatkan pendapatan dari platformnya. Sebagian kecil dari total pendapatannya berasal dari iklan yang dibuat khusus tergantung pada server mana aplikasi tersebut terhubung.

Sumber lain yang dimiliki Tiktok adalah melalui pembelian dalam aplikasi, yang dapat berkisar dari $0,99 hingga $99,99 dan memberikan koin kepada pengguna yang dapat mereka gunakan untuk mendukung pembuat konten lain di platform. Selain itu, Tiktok juga dapat memonetisasi video dan menandatangani kemitraan dengan pembuat konten sebagai sumber pendapatan lain.

Mayoritas unduhan untuk aplikasi Tiktok ada di perangkat Apple

Pada kuartal pertama tahun 2019, Tiktok menduduki peringkat sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di App Store iOS dengan total lebih dari 33 juta unduhan di perangkat Apple. Ini melampaui unduhan untuk aplikasi populer lainnya seperti YouTube, Instagram , Facebook Messenger, dan lainnya dari 10 aplikasi teratas.

Selama lima kuartal, Tiktok terus menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh di iOS App Store dan Google Play Store juga. Kuartal pertama tahun 2019 juga menandai peningkatan rata-rata lain dari pengguna baru yang menghitung hingga 70% pengguna baru di antara jumlah unduhan saat ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya