10 Fakta di Balik Permainan Gunting Batu Kertas, Pecahkan Rekor Dunia

Ilustrasi game gunting batu kertas.
Sumber :

VIVA Tekno – Ingatkan kalian dengan permainan gunting batu kertas? Ya, salah satu permainan pertama yang Anda mainkan saat kecil dan mungkin hingga saat ini juga masih dilakukan. Meskipun terlihat tidak terlalu berarti, namun permainan unik ini merupakan salah satu latihan probabilitas yang paling sempurna. 

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Di mana setiap kali Anda melempar gunting kertas batu, Anda menjadi subjek dari tiga hasil yang berbeda. Pelajari lebih lanjut tentang sains di balik permainan ini dan cara memenangkannya dengan mengetahui fakta di balik permainan gunting kertas batu yang akan kami beritahu berikut:

Gunting kertas batu memiliki nama lain di berbagai negara

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Meskipun aturannya tetap sama, gunting kertas batu memiliki banyak nama di berbagai negara. Di Inggris, dikenal sebagai 'Batu/Batu Gunting Kertas' dan Rochambeau. Di Jerman, orang menyebutnya Schnick, Schnack, Schnuck. Di Asia, orang China menyebutnya Jiandao Shítou Bu , sedangkan orang Jepang menyebutnya Janken .

Gunting kertas batu tidak sepenuhnya merupakan permainan kebetulan

Bom Transfer Arsenal! Arteta Siap Rekrut Bintang Chelsea Idamannya

Kebanyakan orang percaya bahwa batu-kertas-gunting adalah permainan kebetulan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ini bukan hanya tentang "keberuntungan", karena kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk bergerak secara tidak sadar. Jika Anda cukup memperhatikan, Anda bisa mengenali pola dan kebiasaan lawan Anda.

Juara nasional pertama dari USA Rock Paper Scissors League memenangkan US$50 ribu

Gunting kertas batu profesional mungkin terdengar gila bagi Anda, tetapi AS pernah memiliki liga calon profesionalnya sendiri. Pada 2006, Mario Anastasov memenangkan US$50 ribu dan statusnya sebagai pemain gunting kertas batu profesional pertama di AS. Sayangnya, Liga Gunting Kertas Batu AS telah mati pada 2014.

Turnamen gunting kertas batu pada 2014 memecahkan rekor dunia

Pada tanggal 17 Agustus 2014, Oomba, Inc. mengadakan konferensi umum gunting kertas batu di Indiana, AS. Dengan total 2.950 peserta, mereka memecahkan Guinness World Record untuk turnamen batu-kertas-gunting terbesar di dunia.

Game ini menghargai kecerdasan emosional, intuisi, dan pengamatan

Permainan gunting kertas batu membutuhkan keterampilan tertentu seperti kecerdasan emosional, intuisi, observasi, dan strategi. Namun, bertarung melawan lawan yang bermain secara acak bisa jauh lebih sulit untuk dilakukan. Tanpa pola, akan sulit untuk membangun strategi yang efektif.

Jika dua pemain elit berhadapan, hasilnya bisa tidak terduga

Jika dua pemain gunting kertas batu veteran atau elit cocok, kemungkinan besar, mereka akan mendapatkan probabilitas yang sama untuk menang, kalah, atau seri. Pada akhirnya, tergantung siapa yang bisa membaca pola lawan dengan lebih baik.

Ada psikologi di balik setiap gerakan pemain

Pertama, pemain sering melempar gunting saat mereka menang atau percaya diri. Dibandingkan dengan batu dan kertas, gunting adalah alat yang lebih berguna dan berpotensi mematikan. Inilah sebabnya mengapa gunting juga mewakili agresi yang dikelola.

Ketika orang kalah, harapkan mereka menggunakan batu

Ketika pemain tertinggal, mereka cenderung lebih sering menggunakan rock. Pemain secara tidak sadar percaya bahwa batu adalah senjata yang dapat diandalkan untuk membawa mereka kembali ke permainan. Jadi, menggunakan kertas saat Anda sudah menang bahkan akan merebut peluang Anda untuk memenangkan permainan.

Lawan yang kalah tidak akan sering menggunakan kertas

Pemain secara tidak sadar percaya bahwa kertas adalah tangan terlemah karena sifatnya. Lagi pula, kertas dapat dengan mudah terkoyak dan terkena serangan apa pun. Selain itu, tangan yang terbuka melambangkan kedamaian, kepasifan, dan keramahan. Setelah Anda menangkap lawan dalam kekalahan beruntun, kemungkinan mereka menggunakan kertas jatuh sangat rendah.

Korea memiliki versi upgrade dari batu-kertas-gunting

Di Korea Selatan, orang menyebut batu gunting kertas sebagai ' muk-jji-ppa ' (muk-rock, jji-paper, ppa-scissors). Permainan ini dimulai sebagai gunting batu-kertas biasa untuk menentukan siapa yang akan menyerang. Siapapun yang menang harus berteriak 'muk-jji-pa' maka pemenangnya akan menyerang dan lawan akan bertahan.

Pemenang kemudian akan mengungkapkan serangan mereka berikutnya. Jika lawan memiliki tangan yang sama dengan pemenang, maka pemenang akan mendapatkan poin. Jika tangan mereka tidak sama, maka pembela akan menjadi orang yang mengungkapkan serangannya sampai tangan mereka sama.

Singkatnya, pemenang harus membuat lawannya menggunakan tangan yang sama dengan mereka untuk memenangkan permainan.

Permainan batu-kertas-gunting memiliki banyak variasi

Selain namanya, gunting kertas batu juga berbeda-beda dalam simbol yang digunakan untuk setiap negara. Pertama, katak, siput, dan ular Sansukumi-ken Jepang menggantikan batu, kertas, dan gunting tradisional.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya