Pandemi COVID-19 Jadi Momen untuk Pembelajaran Kepemimpinan

Ilustrasi perusahaan.
Sumber :
  • Welp Magazine

VIVA – Penyediaan lingkungan pekerjaan yang baik merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena lingkungan kerja yang aman, sehat, dan suportif dapat mendukung produktivitas karyawan.

Rugikan Perusahaan Singapura Rp32 Miliar, Sindikat Manipulasi Data Email Dicokok

Pekerjaan yang layak dan kondisi kerja atau perusahaan yang aman adalah dasar bagi kesehatan dan juga merupakan inti dari target Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 yang menyerukan pencapai pekerjaan penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua perempuan dan laki-laki.

Organisasi Buruh Internasional (International Labour Organization/ILO) memperkirakan bahwa lebih dari 800 juta perempuan kekurangan jaminan ekonomi seputar persalinan dengan efek buruk pada kesehatan, gizi dan kesejahteraan ibu dan anak-anak.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Langkah ini diikuti oleh Danone Indonesia yang terus berupaya menciptakan tempat kerja terbaik dengan berbagai kebijakan bagi karyawan, seperti memberikan cuti melahirkan berbayar 6 bulan bagi karyawan perempuan dan 10 hari bagi karyawan laki-laki sejak 2016.

Selain itu, pengaturan kerja yang fleksibel dan fasilitas ramah keluarga seperti asuransi kesehatan, ruang laktasi di area kerja yang nyaman untuk memungkinkan ibu bekerja mendapatkan haknya untuk menjalankan peran gandanya secara optimal.

2 Orang Ini Siap Mengawal Laju Bisnis Perusahaan

Di sisi lain, pandemi COVID-19 telah membawa banyak tantangan, ketidakpastian bisnis, dan gangguan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, pandemi juga menjadi momen bagi perusahaan untuk pembelajaran kepemimpinan.

Danone Indonesia terus bertransformasi sesuai dengan situasi yang dibutuhkan. Perusahaan telah melakukan adaptasi untuk berinteraksi secara digital dan upaya kolaborasi antar fungsi, namun tetap memastikan bahwa aspek keselamatan dan kesehatan karyawan menjadi yang utama.

"Kami berusaha untuk mendengarkan tim. Dengan demikian memberdayakan mereka untuk berkontribusi dengan kemampuan terbaik. Di dunia yang semakin bergejolak, kami juga terus beradaptasi dengan terus mengasah rasa ingin tahu dan menjaga pola pikir pembelajar setiap harinya," ungkap Kepala Eksekutif Danone Indonesia Connie Ang, Selasa, 26 Juli 2022.

Apa yang dilakukan Danone Indonesia terhadap seluruh karyawan akhirnya membuah hasil manis. Sebab, perusahaan ini dinobatkan menjadi 'Best Company to Work for in Asia 2022' oleh HR Asia sebagai lembaga media publikasi internasional untuk para profesional di bidang sumber daya manusia (SDM). Penghargaan ini diraih Danone Indonesia sebanyak tiga kali, yaitu pada 2019, 2021 dan 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya