Ada Kabar Baik dari Fenomena Hujan Meteor Besok

Hujan Meteor Geminid jadi salah satu fenomena langit sepanjang Desember 2020.
Sumber :
  • www.space.com/Ethan Miller/Getty

VIVA Tekno – Hujan meteor akan terjadi mulai besok hingga 31 Juli 2022, bertepatan sebelum Tahun Baru Islam. Kabar baiknya dua huan meteor akan terjadi di langit selatan sehingga bisa diamati di Indonesia.

Skincare Berbahan Dasar Tanaman Khas Indonesia Dikembangkan Melalui Kerja Sama Ini

Hujan meteor Delta Aquariids dapat diamati pada 29–30 Juli mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur dan puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan.

Akan ada belasan meteor per jam pada saat itu. Sementara itu hujan meteor Alpha-Capricornids bisa dilihat pada 30–31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Diperkirakan ada sekitar 5 meteor per jam yang tampak melintas di langit.

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN

"Hujan meteor ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan Bumi," ujar Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin di situs BRIN, Jumat, 29 Juli 2022.

Debu-debu komet yang berukuran kecil akan memasuki atmosfer Bumi lalu terbakar yang terlihat seperti bintang jatuh. Walau jumlahnya sedikit, kadang-kadang hujan ini menampakkan meteor terang dari sisa-sisa komet yang berukuran lebih besar.

Geger! Peneliti BRIN Temukan Tanda-tanda Kehidupan Harimau Jawa di Sukabumi

Thomas berharap kondisi kemarau yang saat ini terjadi di Indonesia akan membuat hujan meteor bisa dilihat oleh para pengamat langit, juga tanpa gangguan cahaya Bulan.

"Pilih lokasi pengamatan yang minim gangguan cahaya lampu dan medan pandang ke langit selatan tidak terganggu pohon atau bangunan," jelasnya.

Pengamatan bisa dilakukan dengan mata telanjang tanpa alat bantu. “Berbahayakah hujan meteor ini? Sama sekali tidak berbahaya. Debu-debu sisa komet habis terbakar pada ketinggian di atas 80 km,” kata Thomas Djamaluddin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya