PSE yang Diblokir Kominfo Masih Bisa Diakses Lewat Wifi

Dirjen Aptika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Meskipun telah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), akan tetapi beberapa aplikasi ternyata masih dapat diakses secara bebas oleh masyarakat.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

Menanggapi permasalahan ini, Kominfo mengklaim masih menelusurinya.

“Itu masih banyak kemungkinan. Ini coba kita terus telusuri karena masih beragam, khususnya Yahoo. Jadi, intinya lagi kita pelajari dan investigasi kenapa tidak seragam,” kata Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kominfo, saat konferensi pers virtual, Minggu, 31 Juli 2022.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Meski begitu, ia meyakini bahwa sebagian besar aplikasi-aplikasi tersebut telah terblokir dan tidak dapat diakses lagi dari Indonesia.

“Tapi sebagian besar kita lihat sudah keblokir. Contoh di HP saya, Telkomsel. Itu enggak bisa. Tapi nanti kita lihat lagi mana yang masih belum seragam,” jelas Semuel.

Ajak Warga Sumut Sukseskan PON 2024, Usung Tagline 'Apa yang Kau Bisa Mainkan'

Berdasarkan penelusuran VIVA Tekno, hingga saat ini situs mesin pencarian Yahoo dan Steam masih bisa diakses. Khususnya melalui jaringan wifi. Akan tetapi, melalui jaringan operator telekomunikasi, situs tersebut tidak dapat diakses.

Adapun, sejauh ini Kominfo telah melakukan pemblokiran terhadap enam aplikasi, yang meliputi Steam, Dota 2, CS Go, Epic Games, Origin, Yahoo search engine.

“Yang diblokir saat ini sudah 6, yang buka sementara PayPal. Jadi, 6 PSE sedang kami review,” papar Semuel. Ia juga menambahkan, saat ini Kominfo sendiri telah berkorespondensi dengan beberapa PSE-PSE yang diblokir itu.

Ada juga PSE yang memilih untuk tidak bertukar surat dengan Kominfo. “Sekarang lagi ada korespondensi antara Steam, Dota, dan CS Go. Sekarang mereka lagi proses, yang kita enggak ada koresponden adalah Origin, Epic Games, dan Yahoo,” tuturnya.

Semuel juga mengaku sudah membuka blokir sementara terhadap PayPal selama lima hari untuk memberikan waktu terhadap masyarakat mengamankan dananya yang tersangkut di sana.

“Kita buka sampai 5 hari kerja. Mudah-mudahan cukup agar masyarakat migrasi. Kalau masih ada akunnya, tolong dipindahkan ke akun lain di platform lain. Karena, Indonesia sudah punya banyak layanan lain. Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik di masyarakat untuk migrasi dari PayPal,” ungkap Semuel.

Pembukaan blokir sementara PayPal dimulai pada Senin hari ini, 1 Agustus hingga Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 23:59 WIB.

“Mulai Senin depan kita lihat. Pas tenggat waktu ada respons apa enggak. Kalau enggak, ya, kita mohon maaf sama masyarakat,” tegas Semuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya