Mudah, Ini Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Aplikasi.
Sumber :

VIVA TeknoCara menyembunyikan aplikasi tak sesulit yang dibayangkan. Apalagi untuk pengguna Android, maka menyembunyikan aplikasi lebih mudah dilakukan.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Menyembunyikan aplikasi bukan semata-mata berkonotasi jelek, melainkan bisa saja karena menyimpan file yang penting atau file yang bersifat pribadi. Maka tak ada salahnya untuk menyembunyikan aplikasi. 

Namun, sebelum kamu melihat cara menyembunyikan aplikasi, ada baiknya tahu apa itu aplikasi di HP. Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android, yang menawarkan layanan aplikasi. 

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Aplikasi sendiri adalah dasar dari ekonomi seluler. Sejak kedatangan iPhone pada 2007 dan Android pada 2008, aplikasi telah menjadi cara utama pengguna memasuki revolusi ponsel cerdas atau smartphone.

Nah, ada beberapa cara menyembunyikan aplikasi, ada yang harus menggunakan aplikasi lain ada pula yang versi cepat. 

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Cara Menyembunyikan Aplikasi Dengan Cepat

Kalau tak mau repot untuk install aplikasi untuk sembunyikan aplikasi, cara yang satu ini bisa dicoba. Bahkan bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Ini caranya:

- Buka aplikasi atau menu pengaturan. Setelah itu, tinggal pilih “Applications”.

- Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu pilih “Application Manager”.

- Pilih tab “All” dan sentuh aplikasi apa aja yang ingin kamu sembunyikan.

- Kemudian pilih “Disable”.

Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android yang seperti ini, maka sudah bisa hide aplikasi yang dikehendaki. Untuk cara hide aplikasi yang satu ini bisa dibilang cara menyembunyikan aplikasi di HP yang paling dasar.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan

Kalau mau sembunyikan aplikasi bawaan, ada cara simpel yang bisa dicoba:

- Buka aplikasi atau menu Pengaturan (Settings)
-  Lalu pilih Aplikasi (Applications)
- Kalau di jendela Pengaturan ada sejumlah menu atau pilihan utama, perlu memilih menu Perangkat (Devices) terlebih dahulu
- Selanjutnya, pilih Application Manager, sentuh tab “All”
- Pilih aplikasi yang ingin sembunyikan, lalu pilih “Disable”.

Dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android ini, nantinya aplikasi yang sudah dipilih untuk disembunyikan tak akan nampak di homescreen HP. Dalam cara menyembunyikan aplikasi Android ini, kamu bisa menemukan aplikasi yang sudah nonaktifkan di menu aplikasi bagian “Disabled”

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan AppLock

Nah, cara ini mengharuskan pengguna untuk download aplikasi AppLock. Dengan pengunduh sebanyak lebih dari 100 juta, aplikasi ini cukup andal dan sangat direkomendasikan untuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi Android.

Selain aplikasi, pengguna juga bisa menyembunyikan file maupun informasi data penting lainnya. Caranya cukup simpel, kamu hanya perlu mengunduhnya di Play Store > Instal. Selesai, bisa simpan aplikasi sebanyak yang diinginkan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan App Hilder

Selain AppLock, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi bernama App Hider untuk menyembunyikan apps penting di HP kamu. Aplikasi ini sangatlah canggih, file yang tersembunyi akan diimpor dan bisa secara aman disembunyikan. Cara memasangnya, pastikan kamu memiliki koneksi internet untuk mengunduhnya di ponsel Android kamu, ya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Hide App

Nah, selain kedua aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan App Hider. Dengan pengguna aktif lebih dari 10 juta orang, App Hide memiliki tampilan yang sangat sederhana dengan fungsionalitas nggak kalah andal.

Untuk mengaksesnya, kamu perlu mengunduh aplikasi ini di Play Store. Bila sudah pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan terakhir gunakan pin untuk mengakses aplikasi terselubung tersebut.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Oppo

- Buka Pengaturan pada HP. Kemudian scroll ke bawah, cari dan pilih menu Keamanan.
- Setelah masuk di menu Keamanan, cari dan pilih fitur Enkripsi Aplikasi. Selanjutnya, akan diminta untuk membuat kode keamanan atau password untuk mengakses aplikasi yang diatur.
- Setelah berhasil mengatur kode keamanan/password, lalu kalian bisa mengatur berbagai aplikasi yang ingin disembunyikan sesuai keinginan kalian. Agar lebih aman, aktifkan fitur “Aktifkan Verifikasi Kode Sandi”. Fitur ini dimaksudkan untuk memasukan password setiap membuka/mengakses aplikasi yang akan dijalankan.
- Selanjutnya, untuk menyembunyikan aplikasi dari layar HP/Homescreen, kalian bisa mengaktifkan fitur “Sembunyikan Icon Layar Depan”.
- Setelah mengaktifkan fitur tersebut, kalian akan diminta untuk membuat kode akses saat ingin membuka/menjalankan aplikasi yang hendak dibuka.
- Buat kode akses tersebut dengan mengawali dan mengakhirinya dengan karakter “#”

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Xiaomi

Sama halnya dengan Samsung, Xiaomi juga dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi tanpa aplikasi tambahan yaitu App Lock

- Pertama, Buka Pengaturan. Kemudian scroll ke bawah dan pilih menu Setelan Aplikasi.
- Setelah masuk di konfigurasi Setelan Aplikasi, selanjutnya pilih Kunci Aplikasi.
- Lalu klik tombol Pengaturan yang ada di pojok kanan layar.
- Kemudian scroll ke bawah, cari Apl Tersembunyi kemudian aktifkan fitur tersebut. 
- Setelah berhasil mengaktifkan Aplikasi Tersembunyi, klik Kelola Apl Tersembunyi.
- Selanjutnya tinggal memilah dan memilih berbagai aplikasi yang akan disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Vivo

- Pertama, buka fitur Quick Menu (Tap Bezel), untuk membuka menu ini lakukan dengan cara menggeser layar dari bawah ke atas (swipe up).
- Setelah Quick Menu terbuka, langkah selanjutnya pilih menu Hide Icon.
- Selanjutnya akan diminta untuk mengatur PIN yang akan digunakan untuk mengakses aplikasi yang disembunyikan. Atur PIN sesuai dengan keinginan.
- Setelah selesai mengatur PIN, langkah selanjutnya yaitu memasukkan berbagai aplikasi yang ingin disembunyikan. Pilihlah aplikasi sesuai dengan keinginan kalian.
- Kemudian pilih/ketuk tombol Encryption Settings, di sini kalian akan diminta untuk memasukkan PIN yang telah diatur di awal tadi. Jika berhasil, maka kalian telah sukses menyembunyikan aplikasi dari layar HP.

WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan Filter Chat agar pengguna dapat menemukan pesan tanpa harus menelusuri seluruh kotak masuk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024