Cara Melacak Lokasi Orang Melalui Whatsapp

Cara melacak lokasi orang via WhatsApp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Melacak lokasi melalui Whatsapp (WA) terdengar begitu menyeramkan bukan? Namun, Melalui artikel ini VIVA akan mengulas cara sederhana melacak lokasi melalui WA yang aman dan tidak melanggar batas privasi seseorang soal keberadaannya.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Fitur ini sebetulnya sudah lama berada di Whatsapp dengan nama ‘Live location’ jika kamu ingin menggunakan fitur ini kamu perlu persetujuan dari orang yang lokasinya ingin kamu lacak.

Umumnya, orang menggunakan fitur tersebut untuk mengetahui keberadaan teman ketika mereka ingin berkumpul. Biasanya mereka akan saling membagikan ‘Live location’ melalui grup Whatsapp.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Atau mungkin, untuk kamu yang memiliki anak remaja, ketika mereka pulang larut malam kamu dapat memintanya mengirimkan fitur ‘Live location’ sebagai langkah antisipasi bila anak mengalami hal yang tidak diinginkan.

Sebagai informasi, untuk menggunakan fitur ini, ponsel harus terhubung dengan koneksi internet dan layanan lokasi harus dipastikan aktif serta berfungsi dengan baik.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Berikut langkahnya:

1. Buka aplikasi Whatsapp, cari kontak atau grup yang ingin kamu bagikan lokasi.

Jika kamu menggunakan Android klik ikon penjepit kertas, kemudian tekan lokasi

Jika kamu menggunakan iPhone klik ikon + kemudian tekan ‘Lokasi’

Apabila kamu belum pernah membagikan lokasi di Whatsapp sebelumnya, kamu akan diminta untuk mengizinkan akses Whatsapp ke lokasi. Klik Lanjutkan atau Izinkan untuk setiap petunjuk yang muncul.

2. Setelahnya, kamu akan diperlihatkan tampilan peta dengan opsi ‘Bagikan lokasi terkini’ atau ‘Live location’

Klik ‘Bagikan lokasi terkini’. Fitur tersebut akan membuat pengguna lain yang kamu kirimkan dapat melihat keberadaanmu secara real time sesuai batas waktu yang kamu pilih.

3. Pilih beberapa lama kamu ingin berbagi lokasi dengan orang itu.

Terdapat 3 pilihan waktu 15 menit, 1 jam dan 8 jam, pilih salah satu, kemudian tekan kirim.

4. Kontak yang kamu pilih sekarang akan menerima pesan ‘Live Location’ dengan tampilan peta serta titik lokasi keberadaanmu.

Whatsapp akan terus memberikan update titik lokasi selama periode waktu yang kamu tentukan masih bergulir.

Perlu diketahui fitur ini memungkinkan orang melihat keberadaanmu meskipun kamu tidak sedang menggunakan aplikasi Whatsapp.

Meski demikian, kamu dapat menyudahi berbagi lokasi kapanpun kamu mau meskipun waktu yang ditentukan belum habis. Caranya? Klik ‘Berhenti Berbagi’ atau ‘Stop sharing’.

Ilustrasi mengemudi di malam hari

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Seorang wanita mengalami larangan menggunakan layanan Uber hanya karena memiliki nama Swastika Chandra. Ini membuatnya terkejut. Hal ini karena sentimen terhadap NAZI.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024