Menkominfo soal PayPal: Belum Update, tapi Komitmen Daftar PSE

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi melakukan normalisasi terhadap beberapa layanan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) populer yang sebelumnya sempat diblokir.

Yahoo dan Valve yang mengoperasikan Steam, CS Go, serta Dota telah normalisasi akses sejak tanggal 2 Agustus pukul 08.30 WIB,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate di Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2022.

Adapun, ketika ditanya terkait alasan mengapa Steam, CS Go, Dota, dan Yahoo baru dinormalisasi, Menkominfo Johnny G Plate menyebutnya sebagai alasan teknis.

“Normalisasinya secara teknis maka sudah bisa diakses kembali. Saya tidak hafal scara teknis detailnya,” klaim dia.

Johnny G Plate juga menekankan kalau PSE-PSE tersebut mendaftar tapi tidak sesuai dengan aturan, maka ancaman de-register telah menunggu dalam menjaga kedaulatan digital.

Soal PayPal, hingga saat ini, Menkominfo Johnny G Plate masih belum mendapatkan secara pasti update terbaru mengenai layanan tersebut mendaftar PSE.

MeskI begitu, ia mengklaim Kominfo telah menjalin komunikasi dengan PayPal dan mereka menyatakan komitmennya untuk mendaftar PSE.