China Sukses Kirim Kendaraan Rahasia ke Luar Angkasa

Roket China Long March 2F
Roket China Long March 2F
Sumber :
  • CCTV+.

VIVA Tekno – China meluncurkan kendaraan rahasia yang dapat digunakan kembali untuk kedua kalinya dalam dua tahun. Ini merupakan misi misterius China ke orbit Bumi.

Roket Long March 2F membawa pesawat ruang angkasa yang lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi pada Kamis, 4 Agustus lalu, menurut kantor berita Pemerintah China, Xinhua.

"Pesawat ruang angkasa akan berada di orbit untuk jangka waktu tertentu sebelum kembali ke lokasi pendaratan terjadwal di China," tulis laporan tersebut yang dikutip dari situs Space, Jumat, 5 Agustus 2022.

Lebih lanjut mereka mengatakan bahwa peluncuran sebagai verifikasi penggunaan teknologi yang dapat digunakan kembali. Inovasi ini diklaim untuk menjaga ruang angkasa secara damai.

Laporan Xinhua tidak memberikan detail lebih lanjut. Tetapi kendaraan misterius itu dianggap sebagai pesawat luar angkasa robot yang kemungkinan berukuran sama dengan X-37B milik Angkatan Luar Angkasa AS.

Prediksi ini berdasarkan kapasitas muatan Long March 2F yang cukup besar. Negeri Tirai Bambu ini juga meluncurkan pesawat ruang angkasa uji coba yang dapat digunakan kembali pada September 2020.

Kendaraan itu tetap berada di ketinggian selama dua hari dan melepaskan muatan kecil di orbit sebelum turun untuk mendarat di China.