Instagram Punya Fitur NFT, Ghozali Everyday Berpartisipasi

Ghozali Everyday.
Ghozali Everyday.
Sumber :
  • Doc. Instagram Indonesia.

VIVA Tekno Instagram resmi meluncurkan fitur NFT di Indonesia. Dengan pengumuman ini mengartikan bahwa kreator dapat mengunggah karya NFT (Non-Fungible Token) secara langsung dari Blockchain ke Instagram. 

Penggemar juga dapat mendukung kreator favorit dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT berupa seni, gambar, video, atau musik di platform Instagram.

"Instagram terus mengeksplor teknologi Web3 karena kami yakin teknologi ini memiliki potensi besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi orang-orang dan kreator di seluruh dunia," ujar Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian Sutiono di Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Instagram ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas serta memonetisasi koleksi digital mereka. Pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital sebagai stiker AR di Instagram Stories.

Fitur NFT di Instagram memungkinkan kreator dan kolektor untuk melakukan beberapa hal, seperti menghubungkan dompet digital, berbagi koleksi digital serta penandaan otomatis dari kreator dan kolektor.

Sultan Gustaf Al Ghozali atau yang dikenal sebagai Ghozali Everyday adalah sosok yang viral karena sukses menjual foto selfie di marketplace NFT OpenSea. Dia mengaku senang atas kehadiran fitur NFT di Instagram.

"Tren NFT sudah ramai di Indonesia sejak awal pandemi COVID-19, namun masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan aset digital ini. Adopsi NFT di Tanah Air masih cenderung kurang masif jika dibandingkan dengan negara-negara lain," katanya.