Menkominfo: Jaringan 3G Pelan-pelan akan Lenyap dari Indonesia

Menkominfo Johnny G Plate.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Naufal

VIVA Tekno – Kementerian Komunikasi dan Infomatika atau Kominfo menekankan bahwa jaringan 4G akan menjadi tulang punggung operator telekomunikasi di Indonesia.

Berburu Cuan Lewat Gajian

"Kita sudah tetapkan pembanguan jaringan telekomunikasi kita itu nanti yang jadi tulang punggung adalah 4G tapi kita sudah punya 2G, 3G, 4G, dan 5G," ujar Menkominfo Johnny G Plate di Gedung Kominfo Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Meskipun begitu, setelah melihat kondisi di lapangan yang di mana, masih ada masyarakat yang masih membutuhkan jaringan 2G, maka Kominfo akan tetap mempertahankan jaringan 2G ke depannya.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Sedangkan, untuk jaringan 3G, Kominfo lebih memilih untuk secara perlahan bermigrasi ke jaringan 4G secara sepenuhnya, mengingat, kemampuan jaringan 4G yang lebih cepat dibandingkan dengan 3G.

"Sedangkan, yang 3G karena kita sudah bangun 4G yang lebih cepat dan lebih besar dibandingkan 3G. Makanya, 3G secara perlahan-lahan nanti kita face out,” tegasnya.

Investasi di Indonesia, Menperin Ingatkan Apple harus Penuhi Aturan TKDN

Tidak berhenti sampai di situ. Selain bermigrasi ke jaringan 4G, Kominfo juga menekankan, pihaknya tidak akan luput dalam mengembangkan 5G dan tiga operator telekomunikasi sudah mengantongi lisensi menyebarluaskan layanan generasi kelima di Indonesia.

"Namun demikian, karena perkembangan teknologi sangat cepat makanya kita enggak mungkin meninggalkan atau terlambat untuk kembangkan 5G di Indonesia. 5G ini model bisnisnya beda dengan 4G karena dia lebih berbasis klaster dan wilayah dan untuk itu, saat ini sudah dberikan lisensi kepada tiga operator nasional kita untuk deployment dan roll out 5G di indonesia,” jelas Menkominfo Johnny G Plate.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya