Baru Sedikit Orang yang Tahu Netflix Punya Game

Netflix.
Netflix.
Sumber :
  • Market Watch

VIVA Tekno – Kurang dari 1 persen pelanggan telah merasakan game keluaran Netflix setiap harinya. Menurut data yang dikutip dari The Verge, Selasa, 9 Agustus 2022, dari grup pelacak aplikasi Apptopia, game Netflix rata-rata memiliki 1,7 juta pengguna per hari.

Tentu saja, jika dibandingkan dengan 221 juta pelanggan Netflix secara global ini hanyalah sebagian yang sangat kecil. Apptopia menemukan bahwa game Netflix telah diunduh sebanyak 23,3 juta kali sejak Netflix mengumumkan kehadiran game pada platform mereka pada November 2021.

Awalnya, mereka memulainya dengan hanya lima game, dan saat ini, koleksi game tersebut telah diperluas hingga lebih dari dua lusin judul, termasuk game permainan kartu Exploding Kittens, spin-off League of Legends Hextech Mayhem, dan game strategi Into the Breach.

Adapun, kedepannya dikabarkan Netflix juga berencana untuk menambahkan game berdasarkan film seri asli mereka, yakni The Queen's Gambit.

Dikabarkan, Netflix berniat untuk menggandakan penawaran game mereka menjadi 50 judul pada akhir tahun ini dan telah mengakuisisi tiga studio game indie untuk membantu mereka dalam mencapai target tersebut.

Selain itu, laporan sebelumnya juga menunjukkan bahwa unduhan game Netflix tumbuh secara perlahan selama hampir satu tahun sejak game tersebut hadir.

Pada awal tahun ini, Apptopia mencatat total 8 juta unduhan game, sementara data dari perusahaan analitik lainnya, yakni Sensor Tower menunjukkan total unduhan mencapai 13 juta pada Juni 2022.

Adapun, bagi pelanggan di perangkat Android dapat mengakses dan mengunduh game secara gratis dari aplikasi Netflix atau Google Play Store.

Sementara bagi pengguna Apple mengharuskan Netflix untuk mengarahkan penggunanya dari aplikasi Netflix terlebih dahulu untuk kemudian mengunduhnya di App Store.

Adapun, Netflix melaporkan bahwasanya, mereka telah kehilangan pelanggannya untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade pada bulan April lalu sebanyak 1,3 juta lebih secara global antara bulan Mei dan akhir Juni lalu.

Sehingga, kehadiran koleksi permainan streamer ini diharapkan oleh mereka dapat memainkan peranannya untuk membantu Netflix mengembalikan para pelanggannya dan sekaligus juga menghentikan tren kehilangan pelanggan dan menemukan cara untuk menghasilkan lebih banyak uang dari pelanggan tersebut selain menaikkan harga pada layanan video yang sudah mereka miliki.

Saat ini, Netflix sendiri sudah berencana meluncurkan versi yang didukung iklan pada akhir tahun ini untuk memberikan biaya berlangganan yang lebih murah bagi pelanggannya dan berniat untuk mengenakan biaya tambahan bagi pelanggan yang melakukan praktik saling berbagi kata sandi.