Data Center Meledak jadi Penyebab Layanan Google Down

Kantor Pusat Google.
Sumber :
  • Instagram/@jnthe1

VIVA Tekno – Layanan Google down pada pagi hari ini untuk penggunanya di seluruh dunia. Ternyata, hal ini diprediksi disebabkan karena adanya ledakan besar yang terjadi di Google Data Center yang dilaporkan telah melukai beberapa karyawan di Council Bluffs, Iowa, Amerika Serikat (AS).

7 Rahasia Google

Berdasarkan laporan lokal, terdapat tiga karyawan yang terbakar dalam ledakan listrik besar di fasilitas Google yang terletak di Iowa yang di mana, salah satu karyawan dilaporkan mengalami cedera tubuh bagian bawah dan pekerja lain mengalami luka bakar parah di lengan kiri dan pahanya. Sedangkan, pekerja ketiga mengalami luka bakar di bagian wajah.

Beberapa laporan juga mengindikasikan, bahwa ledakan itu terjadi karena arc flash dan merupakan penyebab dari pemadaman global layanan Google di seluruh dunia.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Saat ini, beberapa layanan Google termasuk mesin pencarian dan Trends tengah menghadapi pemadaman besar-besaran di seluruh dunia pada Selasa pagi, 9 Agustus 2022.

Puluhan pengguna membanjiri situs media sosial untuk menemukan jawaban atas fenomena yang sangat jarang terjadi ini. Mengacu terhadap situs Downdetector, terdapat lebih dari 40.000 masalah down-nya beberapa layanan Google telah dilaporkan sejak Selasa pagi hari ini.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

"Kami mengetahui insiden listrik yang terjadi hari ini di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, melukai tiga orang di tempat yang sekarang sedang dirawat, kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki situasi secara menyeluruh dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan.” kata juru bicara Google kepada SFGATE, seperti dikutip dari situs Dnaindia, Selasa, 9 Agustus 2022.

Memang, layanan Google telah mengalami down pada pagi ini untuk pengguna di seluruh dunia. "502. Itu kesalahan. Server mengalami kesalahan sementara dan tidak dapat menyelesaikan permintaan Anda.

Coba lagi dalam 30 detik. Hanya itu yang kami tahu," begitulah kurang lebih prompt pesan yang muncul ketika pengguna mencoba menggunakan layanan Google dan beberapa pengguna juga melihat pesan yang berbunyi "Maaf, tetapi tampaknya ada kesalahan server internal saat memproses permintaan Anda. Teknisi kami telah diberi tahu dan sedang bekerja untuk mengatasi masalah tersebut. Coba lagi nanti."

Sebagai informasi, Google telah memulai pembangunan kompleks data center di Council Bluffs, lowa pada 2007. Sejak saat itu, Google telah menginvestasikan lebih dari US$5 miliar atau sekitar Rp74,3 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya