Google Minta Maaf Layanannya Down, Klaim Lagi Update Software

Kantor Google.
Sumber :
  • Politico

VIVA Tekno – Setelah layanannya sempat mengalami down pada pagi hari, Google meminta maaf atas masalah tersebut dan menerangkan, pembaruan perangkat lunak-lah yang menjadi penyebabnya.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Juru bicara Google mengatakan mereka telah bekerja cepat untuk mengatasi kesalahan dan layanan kembali berjalan seperti biasa.

"Kami mengetahui masalah pembaruan perangkat lunak yang terjadi sore ini waktu Pasifik dan secara singkat memengaruhi ketersediaan pencarian Google dan Maps," kata juru bicara Google, seperti dikutip dari situs Thecurrent, Selasa, 9 Agustus 2022.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya.  Kami bekerja untuk mengatasi masalah ini dengan cepat dan layanan kami sekarang kembali online,” tambahnya.

Sebelumnya, seperti yang dilaporkan oleh Downdetector melaporkan bahwa pengguna telah mendaftarkan masalah terhadap mesin pencarian Google.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Selain itu, pengguna juga melaporkan bahwasanya, layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Maps, dan gambar Google juga mengalami masalah.

Sementara itu, perusahaan intelijen jaringan ThousandEyes Inc melaporkan pemadaman Google ini telag mempengaruhi setidaknya 1.338 server secara global di lebih dari 40 negara termasuk Amerika Serikat, Australia, Afrika Selatan, Kenya, Israel, sebagian Amerika Selatan, Eropa dan Asia termasuk China dan Jepang.

Meskipun Google telah mengonfirmasi bahwa down layanan tersebut disebabkan oleh pembaruan perangkat lunak. Tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwasanya telah terjadi ledakan besar di Google Data Center yang terletak di Council Bluffa, lowa, Amerika Serikat dan dilaporkan telah melukai beberapa karyawan.

Sesuai laporan lokal, terdapat tiga karyawan terbakar dalam ledakan listrik besar di fasilitas Google yang terletak di Lowa yang dimana, salah satu karyawan dilaporkan mengalami cedera tubuh bagian bawah dan pekerja lain mengalami luka bakar parah di lengan kiri dan pahanya. Sedangkan, pekerja ketiga mengalami luka bakar di bagian wajah.

Adapun, sebelumnya insiden ini juga telah dikonfirmasi oleh  juru bicara Google Devon Smiley yang mengatakan, "Kami mengetahui insiden listrik yang terjadi hari ini di pusat data Google di Council Bluffs, Iowa, melukai tiga orang di tempat yang sekarang sedang dirawat, kesehatan dan keselamatan semua pekerja adalah prioritas utama kami, dan kami bekerja sama dengan mitra dan otoritas lokal untuk menyelidiki situasi secara menyeluruh dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan.” ujarnya kepada SFGATE.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya