2 'Gelar' Diraih XL Axiata

Director and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA Tekno – XL Axiata dinobatkan sebagai operator terbaik untuk kategori 'Kecepatan unduh (Download Speed Experience)' dan 'Pengalaman menonton dan streaming video (Video Experience)' menurut hasil survei OpenSignal untuk semester I 2022.

Kemenkominfo Ingatkan Telkomsel, Indosat, Smartfren dan XL Axiata

Pencapaian tersebut menjadi bukti atas upaya mereka dalam mengimplementasi berbagai inisiatif dan meningkatkan kualitas jaringan di tahun ini.

Hasil survei yang dilakukan secara berkala itu juga menunjukkan langkah XL Axiata untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan sudah efektif.

Menkominfo Kasih Lampu Hijau Operator Telekomunikasi untuk Merger

Menurut studi, XL Axiata memiliki kecepatan unduh rata-rata tercepat, yaitu 18,7 Mbps, lebih cepat 15,2 persen hingga 108,1 persen. Sementara itu pada kategori Pengalaman menonton dan streaming video, mereka meraih skor penilaian sebesar 44,8 poin.

XL Axiata berupaya meningkatkan kualitas jaringan data guna mengimbangi peningkatan trafik dari tahun ke tahun. Perusahaan menetapkan fokus pembangunan jaringan seperti meningkatkan kapasitas, efisiensi, serta optimasi.

Kompaknya 4 Operator Telekomunikasi Indonesia

Director and Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan inisiatif dan upaya yang dilakukan tersebut mencakup radio, transport, dan core, termasuk melakukan fiberisasi dan implementasi teknologi-teknologi baru.

"Selain itu, kami juga melakukan penataan ulang teknologi 3G ke 4G untuk meningkatkan kecepatan unduh.  Berbagai inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan dapat mendukung kebutuhan gaya hidup digital," katanya di Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2022.

Dalam pembangunan jaringan XL Axiata di 2022, sejumlah inisiatif telah dijalankan sejak awal tahun. Operator seluler ini juga sudah mengimplementasi automated optimization untuk VoLTE services, serta value-based planning tools.

"Dengan penerapan intelligence and automation ini, XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat, di mana intelligence and automation ini diaplikasikan pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya