Xiaomi Umumkan Robot Humanoid yang Bisa Baca Emosi Manusia

Robot humanoid Xiaomi, CyberOne.
Sumber :
  • Xiaomi

VIVA Tekno – Xiaomi telah meluncurkan robot humanoid bernama CyberOne. Ini dapat mendeteksi emosi manusia dan membuat rekonstruksi visual 3D. Itu juga bisa berjalan dengan ritme yang lucu.

Realme, Redmi dan Xiaomi akan Memakai Snapdragon 8s Gen 3

Dalam keterangan resmi, perusahaan mengumumkan robot tersebut merupakan iterasi baru dari seri robot 'Cyber' yang sudah ada. Selain itu pabrikan asal China ini juga memiliki robot berkaki empat yang disebut CyberDog.

CyberOne sangat berbeda dari robot anjing. Tingginya 177cm dengan berat 52kg dan rentang lengan 168cm, menurut situs Mashable SE Asia, Senin, 15 Agustus 2022.

Guru SMA Ini Beda dari yang Lain

"CyberOne mendukung hingga 21 derajat kebebasan dalam bergerak dan mencapai kecepatan respons waktu nyata 0,5 ms untuk setiap derajat gerakannya," kata Xiaomi.

Teknologi ini memungkinkannya mensimulasikan sepenuhnya gerakan manusia. Robot ini juga mampu menahan beban hingga 1,5 kilogram.

Xiaomi Tunduk sama Google

Robot humanoid Xiaomi, CyberOne.

Photo :
  • Xiaomi

Xiaomi mengatakan CyberOne dapat melihat ruang 3D dan mengenali orang, gerakan dan ekspresi. Ini memiliki mesin pengenalan semantik bertenaga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Robot juga mempunyai mesin identifikasi emosi vokal yang berarti dapat mengenali 85 jenis suara lingkungan dan 45 klasifikasi emosi manusia. Itu bisa menghibur manusia di saat sedih, kata Xiaomi.

Dalam keterangan, perusahaan mengatakan robotika adalah permata mahkota manufaktur. Mereka juga menjelaskan betapa rumitnya menggabungkan semua teknologi ini menjadi satu unit.

Ini bisa menjadi pesaing robot humanoid Tesla yang akan diluncurkan pada September mendatang, tepatnya dalam acara AI Day Tesla pada 20 September 2022.

Robot seberat 60 kilogram ini nantinya akan ditugaskan untuk membantu memproduksi mobil listrik di pabrik Tesla. Benda itu dibangun dari bahan ringan, dan dapat melihat menggunakan  kamera dari kendaraan Tesla.

Elon Musk sebelumnya telah mengkonfirmasi, bahwa Optimus akan dioperasikan oleh komputer Full Self-Driving (FSD) Tesla agar lebih ramah dan dan menavigasi dunia yang dibangun untuk manusia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya