Ada Alat Baru dari YouTube untuk Kreator Tambah Penghasilan

Ilustrasi YouTube.
Ilustrasi YouTube.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – YouTube resmi meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia. Ini adalah fitur yang bisa menghubungkan kreator dengan subscriber-nya saat pemilik saluran tengah melakukan siaran langsung dan fitur tersebut digunakan pada Live Chat.

"Kreator saat ini telah berkontribusi ke ekonomi kreatif dan mendefinisikan apa artinya menjadi pemimpin opini, menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan hal-hal positif dan memulai perubahan," ujar Product Manager Paid Digital Goods, Barbara Macdonald, Selasa, 16 Agustus 2022.

Anak perusahaan Google ini berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan dengan penggemar dan membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh.

Di Indonesia, banyak dari kreator yang memanfaatkan langganan channel untuk memperkuat hubungan dengan para penontonnya. Pada Juni 2021 saja, ada lebih dari 50 ribu penonton di Indonesia yang telah membeli langganan channel di YouTube.

Jumlah tersebut naik lebih dari 500 persen dibanding tahun sebelumnya. Pada waktu yang sama, ada lebih dari 1.500 saluran di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari hasil monetisasi alternatif di YouTube selain iklan, seperti berlangganan saluran di mana jumlahnya naik 2.400 persen dari tahun sebelumnya.

Super Chat dan Super Sticker dirancang untuk membantu penggemar dan kreator untuk terhubung satu sama lain. Subscriber juga dapat menggunakannya untuk mendukung kreator favorit, tidak hanya pada saat live streaming dan Premiere, tetapi juga untuk video.

Fitur baru YouTube, Super Chat, Super Sticker dan Super Thanks.

Fitur baru YouTube, Super Chat, Super Sticker dan Super Thanks.

Photo :
  • Dok. YouTube

Dengan fitur ini, kreator juga dapat mendiversifikasi sumber pendapatannya. Kreator yang berpartisipasi dalam Program Partner YouTube dapat menggunakannya mulai hari ini.

Super Chat adalah pesan berwarna-warni yang disorot di chat pada saat streaming, agar tampil beda dari pesan chat lainnya sehingga menarik perhatian kreator favorit.

Super Chat akan disematkan di chat bagian paling atas dengan durasi paling lama hingga 5 jam, sehingga pesan akan dilihat oleh lebih banyak orang.

Sementara Super Stickers dapat dibeli penonton untuk mendukung kreator favoritnya. Stiker tersedia dalam berbagai jenis dan bahasa serta dapat digunakan kreator untuk memperoleh penghasilan sambil tetap berhubungan dengan para penonton.

Sedangkan Super Thanks memungkinkan penonton bisa menunjukkan rasa terima kasih atas konten para kreator. Penonton dapat membeli animasi Super Thanks di halaman video.

Sebagai bonus tambahan, pembeli juga dapat memposting komentar yang berbeda secara visual, berwarna-warni, dan dapat disesuaikan di bagian komentar video. Super Thanks akan tersedia di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang.