Desa Andalkan Pasokan Listrik dari Tenaga Surya, Apakah Cukup?

Pembangkit Listrik Tenaga Surya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf

VIVA Tekno – Perusahaan transformasi digital manajemen energi dan otomatisasi asal Prancis, Schneider Electric, meyakini pemanfaatan energi terbarukan di sektor rumah tangga dapat menjadi solusi untuk mengatasi tantangan ganda kelistrikan di Indonesia.

Kawal Arus Mudik Hingga Balik Lebaran 2024, PLN Siaga di Zona Utama Transportasi Publik

Produk dan solusi listrik berbasis tenaga surya untuk sektor rumah tangga saat ini telah tersedia dan dapat menjadi langkah awal untuk memulai beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan perluasan pemerataan akses listrik ke wilayah-wilayah terpencil.

ESDM Pastikan Pasokan Listrik Lebaran 2024 Aman, PLN Siapkan 2.766 Posko Siaga

Namun, sisi lain, pemerintah juga memiliki urgensi untuk menekan emisi karbon agar dapat mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen pada 2030.

"Sektor rumah tangga merupakan salah satu konsumen listrik terbesar dan menyumbang emisi karbon yang tidak sedikit bagi Indonesia. Terlebih dengan konsumsinya yang terus-menerus meningkat seiring dengan naiknya kebutuhan masyarakat akan daya listrik, terutama wilayah perkotaan," kata Reza Syarif, Business Development & Marketing Director Schneider Electric Indonesia & Timor Leste, Selasa, 16 Agustus 2022.

PLN Siapkan 624 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik saat Nataru

Ia juga menyoroti wilayah pedesaan, di mana tantangan kelistrikan karena keterbatasan akses dan pasokan listrik berdampak signifikan terhadap pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat di sana.

Perlu dipastikan ketersediaan pasokan listrik secara konsisten dengan cara memanfaatkan sumber energi yang mudah diperoleh.

Salah satunya tenaga surya. "Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana listrik yang diperoleh dari tenaga surya ini dapat disimpan dan dikelola untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga secara layak," jelasnya.

Pemanfaatan teknologi solar inverter yang memiliki kapabilitas off-grid dan on-grid dapat menjadi solusi karena teknologi ini dapat secara otomatis menyimpan energi listrik yang tidak terpakai atau berlebih ke dalam baterai.

Produk dan solusi listrik berbasis tenaga surya bagi sektor rumah tangga dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pasokan dan akses terhadap energi bersih.

Bagi masyarakat yang hendak memulai perjalanan menuju penggunaan listrik yang lebih bersih, namun tidak tahu harus memulai dari mana, Reza menawarkan dua produk yang dapat digunakan di rumah, yaitu Schneider Electric Homaya dan Mobiya.

Schneider Electric Homaya Hybrid 1.500 VA merupakan produk inverter yang dapat mengonversi daya listrik yang dihasilkan oleh panel surya menjadi listrik yang kemudian dapat digunakan secara langsung (on-grid) maupun disimpan ke dalam baterai untuk digunakan kemudian (off-grid) atau sebagai listrik cadangan.

Lalu, Schneider Electric Mobiya merupakan produk lampu portable yang dilengkapi dengan panel surya untuk pengisian daya. Mobiya didesain untuk memberikan akses energi yang terjangkau dan ramah lingkungan di mana saja dan kapan saja.

"Lampu ini tahan benturan, mudah dibawa dan fleksibel untuk peletakannya karena dapat digantung atau digunakan seperti senter," tutur Reza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya