Pakaian Luar Angkasa Kosmonot Rusia Rusak, Dipaksa Balik ke ISS

Kosmonot Rusia.
Sumber :
  • Itmo.News

VIVA Tekno – Sebuah perjalanan ruang angkasa Rusia di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) terpaksa dihentikan sementara pada Rabu, 17 Agustus 2022 setelah seorang kosmonot mengalami masalah listrik dengan pakaian antariksanya.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Seorang kosmonot Rusia baru-baru ini terpaksa harus berurusan dengan masalah pakaian luar angkasa yang langka, sebuah kontrol misi memerintahkan Oleg Artemyev kembali ke ruang udara ISS setelah mengalami masalah setelan.

"Lepaskan semuanya dan mulai kembali segera!"  Vladimir Solovyov, Direktur penerbangan untuk segmen stasiun ruang angkasa Rusia, mengirim radio ke Artemyev.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

"Oleg, kembali dan sambungkan ke daya stasiun." Lanjut Vladimir, mengutip dari situs Space, Kamis, 18 Agustus 2022.

Hingga saat ini penyebab dari masalah itu juga masih tidak jelas, komentator NASA mencatat "sedikit fluktuasi" dalam daya baterai setelan itu dan setelahnya, Artemyev kembali dengan selamat setelah terhubung ke catu daya stasiun dan melanjutkan operasinya.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Meskipun Artemyev tidak dalam bahaya secara langsung, tetapi jika kekuatan pakaian antariksanya terputus sepenuhnya, ia juga akan kehilangan kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesama penjelajah ruang angkasa, Denis Matveev, dan pengendali penerbangan di darat sampai ia dapat menyambungkan kembali ke catu pengisian daya di ISS.

Dalam sebuah pernyataan kepada Space, juru bicara Bob Navias mengatakan Artemyev "tidak pernah dalam bahaya" ketika anomali terjadi sekitar pukul 12 siang waktu Timur.

Artemyev dan rekan Rusia lainnya, Denis Matveev saat ini tengah dalam misi untuk melengkapi lengan robot ESA dengan kamera dan perubahan peralatan lainnya, mengutip dari situs Engadget.

Meskipun ini tampaknya merupakan insiden ringan, mungkin telah menghasilkan kilas balik yang tidak menyenangkan. Sebelumnya, setelan astronot Italia Luca Parmitano bocor selama dua perjalanan ruang angkasa yang pertama awalnya tidak terdeteksi pada Juli 2013.

Selama serangan mendadak kedua, helm Parmitano terisi air dan membuatnya kesulitan untuk bernapas. Beruntung, ketenangannya kembali ke pangkalan mungkin telah membantu menyelamatkan hidupnya.

Sampai-sampai, insiden tersebut membuat badan tersebut menghentikan sementara semua perjalanan luar angkasa non-darurat sampai mengisolasi penyebabnya, yaitu filter yang tersumbat dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah krisis yang terjadi di masa depan.

Masalah Artemyev mungkin tidak mengarah ke ulasan serupa. Namun, gambaran ini dirasa dapat menggarisbawahi kerapuhan yang terus berlanjut dari eksplorasi ruang angkasa yang bahkan, masalah yang tampaknya kecil bisa menjadi serius di luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya