Rival Telkomsel dan Indosat Terus Genjot Skill Karyawan Perempuan

MoU Code Without Barriers antara XL Axiata dengan Microsoft Indonesia.
Sumber :
  • Dok. XL Axiata

VIVA Tekno – Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk bersama Microsoft Indonesia baru saja melakukan penandatanganan nota kesepahamanan atau memorandum of understanding (MoU) untuk menerapkan code without barriers (CWB).

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Kedua perusahaan berkomitmen dalam pemberdayaan sekaligus meningkatkan keahlian karyawan perempuan dalam penguasaan teknologi digital.

Penandatanganan juga diharapkan akan menghadirkan ekosistem yang sehat dan membuka kesempatan yang lebih besar terhadap talenta perempuan untuk menjadi penggerak inovasi di bidang teknologi digital.

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

"XL Axiata berkomitmen untuk meningkatkan skill karyawan perempuan dalam perusahaan, termasuk penguasaan teknologi digital," ujar Director and Chief Strategic Transformation Officer XL Axiata, Yessie Dianty Yosetya dalam konferensi pers virtual, Kamis, 18 Agustus 2022.

Kesepakatan akan diimplementasikan pada program hackathon, bimbingan, hingga dukungan para pemimpin bisnis.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Seluruh karyawan operator telekomunikasi pesaing Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) ini juga akan didorong untuk menunjukkan kemampuan teknis dengan menciptakan kesadaran, menantang asumsi, serta mengambil manfaat dari dunia koding, teknologi, serta data science.

Ilustrasi perempuan dan gadget

Photo :
  • Dok. Istimewa


"Program CWB ini merupakan program kolaborasi antara G20 EMPOWER dengan Microsoft, di mana XL Axiata sebagai salah satu advocate dari G20 Empower berkomitmen untuk meningkatkan development skill karyawan perempuannya melalui program ini,” kata dia.

Program diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan hingga peran para perempuan di XL Axiata melalui gamification khususnya terkait Azure Fundamental, Microsoft Product and Services, Data AI, dan Azure Enablement.

Hal ini juga akan menyasar pengembangan dan peningkatan pengetahuan mahasiswa yang ikut program magang bersertifikat Kampus Merdeka.

Hingga saat ini, total karyawan perempuan di XL Axiata telah mencapai 470 orang atau sekitar 30 persen dari total karyawan sekitar 1.560. Rival Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) ini menargetkan 30 persen karyawan perempuan untuk menjadi partisipan.

Code without barriers pertama kali diluncurkan oleh Microsoft di Asia Pasifik pada September 2021. Sedikitnya 13 perusahaan dan 21 komunitas developer di Asia Pasifik telah menjadi mitra.

Sejak peluncurannya, program ini juga telah menjalankan 18 program sertifikasi Women in AI di delapan negara di Asia Pasifik, melatih lebih dari 480 perempuan dan mengeluarkan sertifikasi bagi 203 developers.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya