Canggih! Gunung Kilimanjaro Pasang Internet Berkecepatan Tinggi

Gunung Kilimanjaro di Tanzania.
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVA Tekno – Supaya para pendaki bisa membagikan momen pendakian mereka di media sosial, Pemerintah Tanzania telah memasang internet berkecepatan tinggi di Gunung Kilimanjaro.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Dilansir dari The Independent, jaringan broadband dilaporkan mulai aktif pada 16 Agustus 2022 waktu setempat di ketinggian 12.200 kaki atau setara dengan 3.720 meter.

Dengan adanya akses internet di atas gunung, Menteri Penerangan Tanzania Nape Nnauye menganggap peristiwa ini bersejarah.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

“Sebelumnya, agak berbahaya bagi pengunjung dan porter yang harus beroperasi tanpa internet,” kata Nnauye saat peluncuran layanan tersebut.

Ia melanjutkan, “semua pengunjung akan terhubung….(hingga) titik gunung ini.”

Libur Lebaran, The Jungle Bogor Siapkan Banyak Promo dan Hadiah

Tanzania berencana memperluas jaringan internet bahkan ke puncak gunung dengan ketinggian 19.300 kaki (5.895 meter) pada akhir tahun ini.

Langkah ini diambil sebagai contoh terbaru dari upaya untuk meningkatkan konektivitas di tempat-tempat terliar di dunia.

Gunung Kilimanjaro bukanlah gunung pertama yang memasang koneksi internet. Gunung Everest di Himalaya sudah memiliki koneksi wifi yang memungkinkan pendaki untuk berbagi kegiatan mereka dan melakukan panggilan darurat.

Kemajuan besar dalam perangkat komunikasi telah memungkinkan pendaki, pelaut, dan penjelajah kutub memiliki akses ke prakiraan cuaca terkini serta kemampuan untuk meminta pertolongan jika terjadi keadaan darurat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya