Soal Keamanan Data Pribadi, Apple Lebih Baik dari Android

iPhone Vs Samsung.
iPhone Vs Samsung.
Sumber :
  • iPhone in Canada Blog

VIVA Tekno – Survei terbaru menunjukkan bahwa banyak pengguna Android mempertimbangkan untuk beralih ke iPhone karena masalah privasi dan keamanan. Hal ini ditunjukkan oleh survei yang dilakukan oleh Beyond Identity yang mensurvei 1.003 orang Amerika pada bulan lalu tentang kebiasaan dan sentimen keamanan seluler mereka.

Dari keseluruhan responden, 505 menggunakan ponsel Android yang mana, menurut Beyond Identity, 49 persen pengguna Android mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan untuk beralih dari Android ke iPhone karena persepsi superioritas keamanan dan privasi dari sistem operasi Apple dan secara umum para pemilik iPhone merasa lebih aman daripada pemilik Android, mengutip dari situs BGR, Jumat, 19 Agustus 2022.

“Menurut pengguna masing-masing jenis smartphone, iPhone 13 Pro Max terasa jauh lebih aman daripada Samsung Galaxy S22 Ultra.  Faktanya, pengguna iPhone 13 lebih dari dua kali lebih mungkin untuk mengatakan bahwa mereka adalah smartphone paling aman yang pernah mereka gunakan,” ujar Beyond Identity dalam keterangan tertulisnya.

Tidak hanya dari segi ponsel Apple berhasil mengungguli Android, survei tersebut juga menunjukkan bahwa ekosistem Apple yang lainnya, seperti iCloud keychain juga dianggap lebih aman dibandingkan dengan Google Password Manager yang digunakan pada sistem Android.

"Smartphone bukan satu-satunya teknologi di mana pengguna Apple melaporkan rasa aman yang tinggi.  Pengguna Apple iCloud Keychain (aplikasi penyimpanan kata sandi perusahaan) tujuh poin persentase lebih mungkin daripada pengguna Google Password Manager untuk merasa "sangat" aman tentang metode penyimpanan kata sandi mereka,” tambahnya.

Tidak kalah ketinggalan, Apple iCloud juga berhasil mengungguli Google Drive, dengan perolehan 62 persen responden menilai iCloud sangatlah aman, sementara hanya sekitar 58 persen responden yang menilai Google Drive sangatlah aman.

Di sisi lain, survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pengguna Android lebih sering mengalami pelanggaran keamanan jika dibandingkan dengan para pengguna iPhone, yang dimana 20 persen pengguna  Android mengatakan mereka tidak pernah mengalami pelanggaran keamanan.  Sementara itu, 30 persen pengguna iPhone mengatakan tidak pernah dibobol.