Ukraina Disuapin Terus, Kali Ini Dapat Bantuan Memata-matai Rusia

Citra satelit ICEYE menunjukkan Jembatan Selat Kerch.
Citra satelit ICEYE menunjukkan Jembatan Selat Kerch.
Sumber :
  • ICEYE

VIVA Tekno – Bantuan untuk Ukraina terus mengalir atas perjuangannya melawan invasi Rusia. Kali ini, mereka akan mendapatkan akses ke citra yang dikumpulkan oleh konstelasi satelit radar aperture sintetis (SAR) dari perusahaan Finlandia ICEYE.

Tidak hanya itu, mereka juga akan mendapat layanan penuh dari salah satu pesawat ruang angkasa berkat kesepakatan baru antara ICEYE dan Serhiy Prytula Charity Foundation.

"ICEYE memiliki teknologi pencitraan satelit radar paling maju di dunia saat ini. Perjanjian ini merupakan langkah signifikan dalam menanggapi permintaan mendesak pemerintah Ukraina untuk data observasi Bumi yang kritis dan itu akan sangat menguntungkan angkatan bersenjata kita," kata Serhiy Prytula.

Prytula mendirikan Yayasan Amal Serhiy Prytula pada 2014, tahun ketika Rusia menginvasi dan mencaplok wilayah Ukraina di Krimea, menurut situs Space, Sabtu, 20 Agustus 2022.

VIVA Militer: Tentara Ukraina menjadikan rumah sipil sebagai benteng pertahanan

VIVA Militer: Tentara Ukraina menjadikan rumah sipil sebagai benteng pertahanan

Photo :
  • politico.eu

Yayasan tersebut bekerja untuk mendukung militer Ukraina dan memberikan bantuan kemanusiaan di sana yang berusaha melawan invasi Rusia dalam skala besar, yang dimulai pada 24 Februari tahun ini.

Satelit SAR mengumpulkan citra, baik dalam kegelapan maupun cahaya dan dapat melihat menembus awan, memungkinkan pengguna untuk memantau petak-petak Bumi setiap saat dan dalam semua jenis cuaca.

Peningkatan akses ke gambar tersebut akan membantu Ukraina secara signifikan yang telah meluncurkan 21 pesawat ruang angkasa SAR ke orbit hingga saat ini.

"Dengan perjanjian ini, ICEYE mampu membangun upayanya untuk menyediakan data objektif dan dukungan teknologi ke Ukraina," kata CEO ICEYE, Rafal Modrzewski.

Perusahaan sangat yakin teknologi SAR dan kemampuannya akan terus menambah nilai signifikan bagi pemerintah Ukraina yang sekarang dibantu oleh Yayasan Amal Serhiy Prytula.