4 Alasan Mengapa Orang Narsis Percaya Teori Konspirasi

Ilustrasi narsis.
Sumber :
  • Narsis

VIVA Tekno – Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang yang diidentifikasi sebagai narsis – mereka yang memiliki rasa kepentingan diri sendiri yang meningkat, kurangnya empati, dan kebutuhan akan perhatian – lebih cenderung tertarik dan percaya pada teori konspirasi.

Masih Banyak yang Tak Percaya, Saksi Mata yang Lihat Kate Middleton Buka Suara

Sebuah studi baru menawarkan empat alasan berdasarkan analisis studi sebelumnya seperti perasaan paranoid, mudah tertipu tentang klaim tentang apa yang benar atau sebaliknya, kebutuhan akan dominasi, dan kebutuhan akan keunikan.

Mereka semua dapat berperan dalam membangun hubungan antara narsis dan teori konspirasi, mengutip dari situs Science Alert, Selasa, 23 Agustus 2022.

Tepis Teori Konspirasi, Kate Middleton Terlihat Sehat dan Bahagia di Foto Terbaru

Para peneliti menyarankan bahwa setiap proses psikologis ini terkait dengan komponen berbeda yang membentuk narsisme.

8 Ciri-ciri Orang Narsistik, Apakah Kamu Miliki Salah Satunya?

Budaya Narsistik Remaja dan Instagram sebagai Wadahnya.

Photo :
  • vstory

Komponen-komponen tersebut antara lain agentic extraversion (berusaha untuk meningkatkan ego dan mendapatkan kekaguman melalui pesona dan fantasi), antagonisme (menjadi arogan, eksploitatif, dan berhak), dan neuroticism (mengalami rendah diri dan rasa malu).

"Kami berpendapat bahwa masing-masing komponen narsisme ini mungkin mempengaruhi orang untuk mendukung teori konspirasi karena proses psikologis yang berbeda," tulis para peneliti dalam makalah.

Paranoid merupakan cara orang narsis yang cenderung percaya bahwa orang lain keluar untuk mendapatkan mereka dan mencoba untuk sengaja menyakiti. Itu membuat teori konspirasi tertentu lebih mudah untuk diterima.

Kedua, ada kebutuhan akan dominasi dan kontrol. Kebutuhan pada narsisis ini dapat membuat teori konspirasi menarik sebagai cara untuk mengalihkan kesalahan, menggunakan kelompok yang berbeda sebagai kambing hitam untuk sesuatu yang salah.

Proses ketiga, kebutuhan narsistik akan keunikan, dapat dikaitkan dengan teori konspirasi karena mereka menjanjikan akses ke informasi istimewa atau tersembunyi yang tidak tersedia untuk semua orang, membuat mereka yang mempercayainya menjadi lebih istimewa.

Maatje Benassi jadi tersangka utama dalam teori konspirasi

Photo :
  • Arre

Terakhir, ada sifat mudah tertipu, kehati-hatian membuat seseorang lebih rentan terhadap informasi yang tidak dapat dipercaya dan manipulatif dan terkait dengan kecenderungan orang narsis untuk menjadi lebih naif dan cenderung tidak terlibat dalam refleksi kognitif.

Para peneliti juga berbicara tentang bagaimana wawasan ini dapat digunakan. Narsis cenderung lebih tinggi pada politisi daripada populasi umum, misalnya, yang berarti ada bahaya bahwa mereka yang berada di pemerintahan mungkin lebih rentan terhadap teori konspirasi.

"Bukti kuat yang menghubungkan berbagai komponen narsisme dengan kepercayaan pada teori konspirasi memiliki implikasi penting," tulis para peneliti.

Rapat Paripurna HUT DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

"Orang narsisis cenderung melihat diri mereka memenuhi syarat untuk politik dan cenderung mempertimbangkan untuk mencalonkan diri."

Pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan narsistik untuk berinvestasi dalam teori konspirasi sangat penting untuk memutuskan hubungan itu, kata tim di belakang studi baru, mungkin dengan memastikan kebutuhan psikologis tersebut terpenuhi atau dikelola dengan cara yang berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya