7 Wilayah Paling Misterius di Bumi, Masih jadi Perdebatan Ilmuwan

Blood Falls.
Sumber :
  • Atlas Obscura

VIVA – Meski bumi telah memasuki usia yang sangat tua, hingga kini masih terdapat banyak misteri di dunia yang masih menjadi pertanyaan selama bertahun-tahun. Diantaranya tempat-tempat misterius yang tidak biasa yang akan dibahas pada artikel ini.

Misteri Kematian Satpam di Agam Tanpa Kedua Bola Mata, Saksi Ungkap Ini

Beberapa tempat berikut diyakini sudah ada sejak lama dan tercipta secara alami. Beberapa keanehan di tempat-tempat tersebut masih menjadi misteri dan masih diperdebataka oleh ilmuwan hingga saat ini.

Lantas, di mana tempat-tempat paling misterius di dunia? Berikut VIVA Tekno telah merangkumnya dari The Travel:

Misteri Mayat Bayi Terkubur di Tanggamus Lampung

 1. Danau Hillier

Kapan Bumi Kiamat?

Liqeni Hillier

Photo :
  • Wikimedia Commons

Tempat misterius di dunia yang petama ini merupakan salah satu tempat yang memiliki misteri. Letaknya di samping Samudra Pasifik di Pulau Tengah Australia. Hal yang membedakan danau Hillier dengan kebanyakan danau lain di dunia adalah warna airnya.

Danau Hillier memiliki ciri air berwarna merah muda, sehingga kehadirannya sangat mencolok di tengah warna birunya air laut dan hijaunya pepohonan sekitar.

Sayangnya, warna merah muda pada Danau Hillier hingga kini masih belum dapat dipastikan. Beberapa teori yang beredar menjelaskan, warna danau ini tercipta akibat keberadaan organisme Dunaliella Salina.

2. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda.

Photo :
  • Science Hook

Segitiga Bermuda atau Bermuda Triangle merupakan tempat yang sudah sangat melekat dengan nuansa mistis. Hal ini dikarenakan tempat misterius yang juga dikenal dengan Segitiga Setan ini diyakini dapat telah menelan ratusan kapal dan pesawat.

Salah satu teori di balik hilangnya ratusan kapal di tempat misterius ini adalah, adanya gelombang yang cukup kuat untuk menghancurkan kapal di area tersebut hingga lenyap tanpa jejak.

Namun, adanya teori ini belum cukup menjelaskan mengapa kapal yang terbang di area tersebut tidak dapat ditemukan di manapun meski telah dilakukan pencarian. Misteri yang belum terpecahkan tersebut membuat Segitiga Bermuda masih menjadi tempat misterius yang membingungkan banyak orang hingga kini.

3. Hutan Aokigahara, Jepang

Hutan Aokigahara

Photo :

Tempat ini sangat dikenal dunia semenjak beredarnya informasi bahwa banyak orang Jepang yang memilih Hutan Aokigahara sebagai peristirahatan terakhir. Mereka datang dan mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri di sana.

Diperkirakan, sudah lebih dari seratus mayat ditemukan di hutan itu setiap tahunnya. Namun, masih banyak yang tidak mengetahui mengapa lokasi tersebut dipilih sebagai tempat mengakhiri hidup.

Hingga, beredar satu cerita yang mengatakan, Hutan Aokigahara merupakan rumah bagi banyak hantu Jepang. Meski demikian, dibalik misteri kelamnya, banyak wisatawan yang memilih tempat ini sebagai lokasi hiking.

4. Hutan Bengkok, Polandia

Hutan Bengkok atau The Crooked Forest

Photo :
  • Wikimedia Commons

The Crooked Forest atau Hutan Bengkok adalah situs yang menyimpan ratusan pohon dengan bentuk unik menyerupai tanda tanya terbalik. Uniknya lagi, pohon-pohon di sana bengkok ke arah yang sama sehingga menambah keanehan tempat tersebut.

Meski banyak hal telah dikaitkan sebagai penyebab fenomena unik ini, namun alasan sebenarnya yang menyebabkan pohon-pohon di sana bengkok masih belum ditemukan.

5. Air Terjun Darah

Blood Falls

Photo :
  • Atlas Obscura

Tempat misterius berikut nya adalah Air Terjun Darah yang berlokasi di Antartika. Pemandangan air seperti darah tersebut sebenarnya adalah air asin yang tumpah dan muncul dari es, yang kemudian mengalir ke Danau Bonney.  Warna merah seperti darah Blood Falls dikaitkan dengan oksida besi yang terkandung di dalam air.

6. Dataran Garam Uyuni

Tempat misterius berikutnya berlokasi di Bolivia. Diklaim sebagai dataran garam terbesar di dunia membentang lebih dari 4.000 mil persegi. Kekeringannya yang ekstrem serta langit biru cerah membantu menciptakan permukaan reflektif seperti cermin.

Pada musim kemarau, dataran tersebut akan dihiasi dengan pola retakan poligonal yang menarik yang terlihat seperti ubin lantai, menjadikannya salah satu tempat paling indah di Bumi.

7. Plain of Jars

Tempat misterius yang terakhir adalah Plain of Jars yang berlokasi di Laos. Di tempat ini kamu dapat menemui kurang lebih 2.000 guci kuno yang berukuran cukup besar tersebar di dataran tinggi.

Arkeolog memperkirakan guci-guci itu berusia 2.000 tahun tetapi untuk tujuan mengapa guci tersebut berada di sana masih belum diketahui. Teori yang paling umum menyatakan guci tersebut mulanya digunakan sebagai guci pemakaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya