Robot 5G Beraksi, Bikin Menkominfo Penasaran

Robot Uu dengan teknologi 5G.
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA Tekno – Telkomsel memperkenalkan robot teknologi 5G bernama Uu, dalam penyebutan bahasa Sunda, di ajang pameran dalam pertemuan keempat Kelompok Kerja Ekonomi Digital (DEWG) G20 ke-4 pada 29-30 Agustus dan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) pada 1-2 September 2022 – keduanya berlokasi di Nusa Dua, Bali.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

"Kegiatan DEWG ke-4 dan DEMM akan menjadi dua momen penting bagi Telkomsel untuk menunjukkan potensi pemanfaatan teknologi jaringan 5G di Indonesia secara optimal kepada negara anggota G20," ungkap Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho, dalam konferensi pers virtual, Senin, 29 Agustus 2022.

Ia melanjutkan, kegiatan tersebut sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menunjukkan kesiapan dalam mendukung tiga isu prioritas DEWG G20 yang mencakup konektivitas digital dan pemulihan pascapandemi COVID-19, literasi digital dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara.

Berburu Cuan Lewat Gajian

Tak tanggung-tanggung, operator telekomunikasi pelat merah ini menghadirkan empat use-case yang di antaranya Cloud Gaming, Augmented Reality (AR) Industry, Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) Robot.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Robot Uu bersama Menkominfo Johnny G Plate.

Photo :
  • Telkomsel

Nama terakhir bahkan beraksi sekaligus berinteraksi langsung dengan Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G Plate. Robot Uu dengan teknologi 5G itu dapat disesuaikan dan dimodifikasi sesuai dengan permintaan dan kebutuhan industri.

Dengan kemampuan deteksi suara (voice detection), robot prototipe ini diklaim bisa merespons interaksi manusia seperti mengobrol dan menjawab perintah dari manusia.

Dalam kondisi ruangan yang tertutup dan tidak begitu bising, Robot Uu dinilai mampu mengenali suara manusia dengan baik dalam bahasa Inggris. Selain itu, robot 5G prototipe itu dapat menyanyi dan menggerak-gerakkan tangan.

Pengembangan robot telah dilakukan mulai tahun lalu ketika Telkomsel meluncurkan teknologi 5G. Seiring dengan berjalannya waktu, Telkomsel akan terus melakukan pembaruan perangkat lunak (software) agar kemampuan robot meningkat.

Bukan itu saja. Nugroho mengaku sudah melakukan optimalisasi dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan berupa 24 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan G20 di Nusa Dua, Bali.

"Kami berharap, pasca-berlangsungnya Presidensi G20 ini dapat memberikan dampak positif yang sejalan dengan harapan kita bersama, khususnya dalam membuka lebih banyak peluang kolaborasi dan kemajuan untuk mencapai solusi atas tiga isu prioritas G20," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya