10 Fakta Alam Semesta yang Menakjubkan, Dijamin Bikin Terpesona

Ilustrasi lukisan abstrak alam semesta karya Sam del Russi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Mempelajari hal-hal baru tentang alam semesta selalu menyenangkan, karena sangat misterius namun kami terus menemukan lebih banyak lagi.

Penemu Partikel Tuhan Meninggal Dunia

Fakta alam semesta yang menakjubkan ini akan membuat Anda menyadari betapa kita semua hanyalah titik kecil dalam skema besar.

Berikut ini akan kami beritahu Anda sederet fakta alam semesta yang menakjubkan, dijamin bisa bikin Anda terpesona saat mengetahuinya. Apa saja?

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Helm pakaian luar angkasa memiliki tambalan Velcro untuk tujuan menggaruk

Melepas helm Anda akan menghabiskan hidup Anda. Sekarang, bagaimana jika Anda memiliki rasa gatal yang layak untuk mati? Velcro mendukung Anda.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Sesuatu sedang memakan Bima Sakti

Tidak, kita tidak sedang membicarakan tentang sebatang coklat. Salah satu fakta paling menakutkan tentang alam semesta adalah bahwa ada massa besar tak dikenal yang menyedot bagian galaksi Bima Sakti.

Ada galaksi kanibal di sebelah

Berbicara tentang makan, galaksi kita juga akan bertabrakan dengan galaksi tetangga Andromeda, yang memiliki sejarah melahap galaksi lain.

Ada lebih dari 200 bulan di tata surya kita

Dari semua bulan ini , Jupiter dan Saturnus memiliki orbit paling banyak di sekitar mereka. Sedangkan Merkurius dan Venus adalah satu-satunya 2 planet yang tidak memiliki bulan.

Venus adalah planet terpanas

Meskipun Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari, Venus memiliki suhu tertinggi karena gas di atmosfernya. Efek Rumah Kaca mempertahankan suhu konstan 430 °C.

Matahari mengandung lebih dari 99% massa di galaksi kita

Lebih dari satu juta Bumi bisa muat di dalam matahari. Dibutuhkan 258 hari Bumi untuk mengelilingi salah satu  cincin Saturnus dengan kecepatan 75 mph.Terbuat dari es dan batu, cincin Saturnus bervariasi dalam ukuran dan panjangnya 175.000 mil dan tebal 3.200 kaki.

Para ilmuwan mendeteksi sinyal radio di luar angkasa dari jarak 5 miliar tahun cahaya

5 miliar tahun cahaya berarti bahwa Bumi tidak ada pada saat sumber mentransmisikannya! Ini adalah salah satu dari banyak fakta mengejutkan tentang alam semesta.

Kita selalu melihat sisi bulan yang sama

Meskipun bulan memiliki fase, kita hanya akan melihat satu sisi karena berputar pada porosnya pada saat yang sama mengorbit Bumi.

Jupiter memiliki bulan paling banyak

Jupiter memiliki 79 bulan yang mengorbitnya, dengan Ganymede sebagai bulan terbesar di tata surya dengan diameter 5.262 km. Ini bahkan lebih besar dari Merkurius, dan terlihat dengan mata telanjang dengan teropong.

Sputnik adalah satelit buatan pertama di luar angkasa

Diluncurkan oleh Uni Soviet pada 4 Oktober 1957 dengan satu tembakan. Prestasi ini mengejutkan Amerika, yang teknologinya tampak jauh lebih unggul pada waktu itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya