Kabar Tak Menggembirakan Datang dari NASA

Roket Artemis 1.
Roket Artemis 1.
Sumber :
  • Instagram/NASA

VIVA Tekno – Peluncuran Roket Artemis 1 ke Bulan terpaksa harus diundur lebih dari sebulan. Kemungkinan terbang ke satelit alami Bumi pada pertengahan Oktober 2022.

Setelah pembatalan peluncuran yang keduanya pada 3 September kemarin, roket milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) itu terpaksa harus dikembalikan ke dalam hanggar Gedung Perakitan Kendaraan dan NASA masih harus memperbaikinya, mengutip dari situs Sciencealert, Selasa, 6 September 2022.

Sementara roket akan diperbaiki, jendela penerbangan pun tidak akan terbuka hingga awal Oktober. Mengingat, NASA telah lebih dulu memiliki rencana untuk meluncurkan empat astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada misi SpaceX's Crew-5 Dragon pada awal Oktober tahun ini.

Sebelumnya, Roket Artemis 1 ini telah menghadapi dua kali kegagalan peluncuran yang membuat jadwalnya terpaksa harus mundur.

Roket ini untuk pertama kalinya dijadwalkan akan meluncur pada 29 Agustus lalu dan terpaksa harus dibatalkan lantaran diterpa permasalahan mesin. Kala itu, tim tidak dapat mendinginkan salah satu mesin RS-25 yang menunjukkan suhu lebih tinggi dari tiga yang lainnya.

Enggan menyerah, NASA kembali menetapkan jadwal penggantinya dan berencana untuk meluncurkan misi Artemis 1 Moon pada Sabtu, 3 September 2022.

Lagi-lagi, jadwal tersebut terpaksa harus mundur karena roket mengalami kebocoran pengisian bahan bakar yang terdeteksi sekitar tujuh jam sebelum lepas landas, mengutip dari situs Space, Selasa, 6 September 2022.