Rata-rata Warga Belanda Minum Kopi 4 Cangkir Sehari

Ilustrasi biji Kopi.
Ilustrasi biji Kopi.
Sumber :
  • Pexels

VIVA – Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Perkembangan dan tren industri kopi nasional berada pada jalur dan trek positif. Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia tumbuh signifikan hingga 250 persen.

Saat ini, Indonesia berada di posisi keempat sebagai produsen kopi terbesar di dunia. Kopi telah menjadi komoditas ekspor unggulan dan penghasil devisa terbesar ketiga setelah penjualan kelapa sawit dan karet.

Sementara Uni Eropa tercatat sebagai konsumen kopi dunia terbesar, yakni mencapai 2,4 juta ton per tahun atau 24 persen dari total konsumsi kopi dunia.

Hal itu menjadi salah satu alasan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), melalui Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara, menggelar event Pasar Kopi di Posthoornkerk, Amsterdam, Belanda pada 1 hingga 11 September 2022.

Sebab, sejak dahulu negeri Kincir Angin tersebut adalah pasar potensial bagi komoditas kopi Indonesia.

"Rata-rata warga Belanda minum kopi empat cangkir sehari. Hal ini menunjukkan potensi pasar yang besar bagi kopi Indonesia di Belanda yang memiliki sejarah sejak zaman dahulu. Saya berharap, Indonesia menjadi global market leader industri kopi di dunia," kata Menteri BUMN Erick Thohir, Selasa, 6 September 2022.

Membuat kopi

Membuat kopi

Photo :
  • The Sun