Para Ahli Buat Skema Panggilan 911 untuk Keadaan Darurat di Bulan

Astronot Buzz Aldrin ketika mendarat di Bulan.
Sumber :
  • NASA/The Verge

VIVA Tekno – Banyak negara tengah berlomba untuk mencapai kejayaannya di Bulan. Sementara itu para ahli mulai merencanakan penyelamatan darurat. Tujuannya adalah untuk merancang, membuat operasional, dan menangani masalah hukum serta organisasi jika terjadi keadaan darurat pada misi Bulan manusia di masa depan.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

Konferensi Internasional Pertama tentang Pencarian dan Penyelamatan Bulan akan diadakan di Hainan, China. Pertemuan para ahli ini diselenggarakan bersama oleh Asosiasi Internasional untuk Kemajuan Keselamatan Antariksa (IAASS) dan Institut Teknologi Beijing.

Kebutuhan akan pertemuan itu didorong oleh beberapa hal. Seperti pengiriman manusia di abad 21 ini tidak hanya dilakukan oleh satu negara saja, karena ada koalisi program dari badan antariksa besar, entitas swasta, dan pasukan luar angkasa baru. 

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Berbagai sistem sedang dalam pengembangan, dari infrastruktur sirkumlunar, platform mobilitas dari berbagai jenis, sistem pendaratan manusia di Bulan, tempat tinggal jangka pendek, dan prospek pangkalan permanen.

Mitos Seputar Gerhana Matahari Total, Hanya 1 yang Benar

Hasil foto bulan yang diambil Andrew McCarthy dan Connor Matherne

Photo :
  • NPC

Mengingat semua kegiatan ini, keadaan darurat bisa saja terjadi, seperti situasi yang membutuhkan mobilisasi dari semua bantuan yang dimungkinkan, menurut laman Space, Rabu, 7 September 2022.

Direktur Eksekutif IAASS, Tommaso Sgobba mengatakan pada Pasal V Perjanjian Luar Angkasa Perserikatan Bangsa-Bangsa, dalam melakukan kegiatan di luar angkasa dan di benda angkasa, astronot dari satu negara harus memberikan semua bantuan yang mungkin kepada astronot dari negara lainnya.

"Ini adalah kewajiban karena tanpa persiapan dan koordinasi antara Amerika Serikat dan China khususnya, tidak ada penyelamatan internasional di Bulan yang mungkin terjadi," kata Sgobba.

Pertemuan mendatang akan jadi kesempatan besar untuk membahas kelayakan pembentukan organisasi pencarian dan penyelamatan bulan (SAR) untuk membantu para astronot yang dalam kesulitan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya