7 Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Bisa Kaya dalam Sekejap

Meta (Facebook).
Sumber :
  • The Guardian

VIVA Tekno – Cara mendapatkan uang dari Facebook memang cukup mudah untuk dilakukan. Apalagi melihat jumlah pengguna aktif yang saat ini mencapai miliaran orang memang bisa menjadi calon konsumen kamu yang menggiurkan.

Tas LV Berisi Uang dan Emas, Kecelakaan Maut Tol Cikampek hingga Arab Saudi Pantau Hilal

Facebook saat ini masih cukup banyak digunakan oleh orang di luar sana untuk tetap terhubung dengan teman-teman mereka.

Mendapatkan uang di internet memang naik tren di zaman sekarang. Media sosial yang awalnya hanya dipakai untuk bertukar pesan, saat ini juga bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan.

Ini Dia Bagaimana Pencetakan 3D Bisa Membantu Banyak Bisnis Indonesia

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan barang jualan baru atau bekas di Facebook, tapi ternyata tidak terbatas pada berjualan saja, lho.

Di antaranya kamu bisa menawarkan diri sebagai pengelola Fanspage atau akun Facebook personal tokoh-tokoh penting maupun menjadi buzzer bekerja dengan memanfaatkan lebih dari satu akun media sosial.

Jembatani Kesenjangan Akses E-Commerce Daerah Non-Urban, Clubb Kyta Gandeng Mahasiswa

Karena hal itu, cara mendapatkan uang dari Facebook akan lebih mudah. Berikut ulasan selengkapnya seperti dirangkum VIVA Tekno:

1. Berjualan di Grup Facebook
Cara ini mungkin saja menjadi cara termudah dan paling terkenal. Kamu hanya perlu bergabung ke grup Facebook. Ada dua jenis grup Facebook yang biasa dipakai untuk berjualan, yaitu grup dengan topik tertentu dan forum jual beli. Misalnya jika kamu ingin menjual ponsel bekas, maka kamu hanya perlu bergabung dengan grup ponsel. 

2. Memanfaatkan Facebook Fanpage untuk Berjualan
Selain berjualan di grup, kamu juga bisa membuat fanpage toko online di Facebook. Ini juga menjadi salah satu cara yang sering diterapkan oleh orang-orang dalam melakukan bisnis online di Facebook. Membuat Fanpage ini akan membuat toko online kamu tampak lebih profesional dan terpercaya. 

Dalam fanpage ini, kamu juga bisa menjual barang buatan sendiri, melakukan dropship, atau menjadi reseller. Dropship di sini adalah kamu menjual produk orang lain, tapi memakai nama sendiri dan tidak perlu stok barang. Karena, bila ada pemesanan, kamu hanya langsung meneruskan pesanan itu kepada pihak yang diajak bekerja sama.

3. Memanfaatkan Fanpage Facebook untuk Menarik Trafik ke Website
Selain untuk berjualan, Fanpage Facebook juga memiliki banyak manfaat lain. Salah satunya adalah dimanfaatkan untuk menarik trafik ke website kamu. Setelah mempunyai fanpage, kamu harus mempromosikannya. Kamu dapat mulai mengundang teman-teman Facebook yang kamu kira mungkin saja akan tertarik untuk menyukainya. 

Kemudian, kamu juga bisa meminta tolong kepada mereka untuk membantu mengusulkan temannya yang memiliki ketertarikan sama terhadap topik fanpage kamu. Bila fanpage kamu sudah memiliki banyak follower, kamu bisa mulai rajin membagikan konten berkualitas dan bermanfaat dari website kamu. 

Selain itu, pastikan juga kamu harus aktif di fanpage dengan menjawab berbagai pertanyaan dan membalas beragam komentar yang masuk. Karena, semakin banyak trafik, semakin banyak pula orang-orang mengetahui tentang apa saja yang ditawarkan di website kamu. Sehingga kamu bisa meningkatkan brand awareness dan meningkatkan pundi-pundi rupiah. 

4. Membuat Grup Facebook
Kamu bisa membuat grup Facebook yang dapat membahas mengenai topik dari produk yang dijual. Jadi, grup ini akan bersifat seperti forum atau komunitas online untuk berkumpul dan berdiskusi. Usahakan, kamu sebagai pemilik grup selalu berinteraksi dengan para anggota supaya grup tersebut selalu aktif. 

Selain supaya mereka betah berada dalam grup, ini juga bisa membuat grup kamu terpercaya terkait topik tersebut. Tapi, kamu sebagai pemilik grup tentu harus menyaring pertanyaan dan jawaban yang ada. Jangan biarkan topik pembahasan melenceng atau terjadi debat kusir yang tidak berguna untuk pengguna yang lain. 

5. Membuat Facebook Ads
Berbeda dengan beberapa cara di atas, membuat Facebook Ads memerlukan modal uang. Karena, Facebook Ads ini adalah iklan yang ditujukan untuk pengguna Facebook. Tapi, modalnya juga tidak banyak, mulai dari Rp10.000 kamu sudah bisa memasang iklan. Jadi, dengan membuat Facebook Ada ini, kamu akan mendapat banyak keuntungan. Mulai dari menentukan target iklan dengan jelas, remarketing, sampai mengumpulkan leads. 

6. Monetisasi Fanpage
Cara mendapatkan uang dari Facebook selanjutnya adalah dengan melakukan monetisasi fanpage. Cara ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan iklan In-Stream. Iklan tersebut merupakan iklan pendek yang dapat dimasukkan ke dalam konten video kamu, selayaknya iklan yang muncul saat menonton YouTube.

Kamu bisa monetisasi fanpage dengan topik apa saja, asal tidak melanggar aturan Facebook. Namun, pastikan bahwa video yang kamu unggah adalah video original. Karena, bila kamu mencaplok video dari sumber lain tidak dapat dimonetisasi lantaran pelanggaran hak cipta. Selain itu, video yang diunggah juga harus relevan dengan topik fanpage.

Karena bisa memancing diskusi dan engagement. Efeknya, video itu bisa populer, iklan dilihat oleh banyak orang, dan kamu bisa memperoleh uang lebih banyak. Tapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti kamu harus memiliki fanpage yang diikuti oleh 10.000 pengguna dan video menghasilkan 30.000 tayangan dalam 60 hari terakhir.

7. Menjadi Buzzer
Buzzer bekerja dengan cara memanfaatkan lebih dari satu akun media sosial sehingga menjadikannya trending. Salah satu peluang yang dapat dikonversikan menjadi salah satu cara yang cepat untuk menghasilkan uang dari Facebook. Selain itu, buzzer tidak hanya tentang topik, tapi bermanfaat untuk mempromosikan sebuah produk maupun jasa kepada semua pengguna Facebook.

Mobil Korban Begal Sadis di Kendari, dan Lokasi Kejadian

Begal Sadis, Modus Ban Kempes Lalu Tikam Korbannya 9 Kali dan Rampas Emas juga Uang

Seorang wanita bernama Mirna (51), meninggal dunia setelah menjadi korban pembegalan yang dilakukan oleh sekelompok orang tak dikenal (OTK) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024