China Tuduh AS Mau Menjajah Luar Angkasa

Amerika Serikat (AS) vs China di luar angkasa.
Sumber :
  • SpaceNews

VIVA Tekno – China menuduh Amerika Serikat berusaha melakukan militerisasi luar angkasa, setelah Pentagon mengeluarkan dokumen kebijakan baru yang menganggap ruang angkasa sebagai 'domain prioritas kekuatan militer nasional'.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning menanggapi arahan Pentagon yang dikeluarkan pada akhir Agustus kemarin, membahas kemungkinan operasi militer di luar Bumi.

"Untuk waktu yang lama, AS telah secara terbuka mendefinisikan ruang angkasa sebagai domain perang. Mereka bahkan telah membangun Pasukan Luar Angkasa dan Komando Luar Angkasa AS," ujar Ning.

Media Korea Selatan Soroti Sepak Terjang Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23

Hal ini telah meningkatkan risiko salah perhitungan dan konflik militer. Juru bicara itu kemudian menuduh Washington menghalangi inisiatif pengendalian senjata ruang angkasa yang dipimpin oleh China dan Rusia.
Sikap ini bahkan lebih memperparah tren soal mengubah luar angkasa menjadi senjata dan medan perang, menurut situs Russian Today, Jumat, 9 September 2022.

Selain mengakui ruang angkasa sebagai domain prioritas kekuatan militer nasional, arahan negeri Paman Sam yang baru mengatakan bahwa Pentagon harus melindungi dan mempertahankan penggunaan ruang angkasa untuk tujuan keamanan nasional AS serta memberikan kemampuan luar angkasa canggih untuk mencegah konflik.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Ning mengatakan pendekatan yang digariskan dalam dokumen itu 'menimbulkan tantangan besar bagi perdamaian dan keamanan luar angkasa' dan sepenuhnya memperlihatkan ambisi AS untuk meningkatkan pembangunan militer dan kesiapan perang di luar angkasa.

"AS harus menghormati keprihatinan masyarakat internasional, segera menghentikan langkah negatif yang dapat merusak keamanan luar angkasa, meningkatkan tanggung jawabnya dan berhenti menghalangi negosiasi untuk instrumen hukum tentang pengendalian senjata di luar angkasa," tuturnya.

PM Israel Benjamin Netanyahu dan IDF

Selain Netanyahu, Ini Pihak Israel yang Dikabarkan Akan Ditangkap Pengadilan Kriminal Internasional

(QUE)Pihak Israel dikabarkan semakin khawatir dengan kemungkinan Pengadilan Kriminal Internasional di Den Haag akan mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap PM Be

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024