UMKM Didorong untuk Hi-tech, Segala Upaya Dikerahkan

Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Afra Augesty

VIVA Tekno – Direktur Ekonomi Digital Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), I Nyoman Adhiarna, mengungkapkan bahwa sosialisasi digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menitikberatkan di kawasan Indonesia Timur.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Menurutnya, pemerintah akan menjembatani mereka dalam menerapkan teknologi digital untuk menunjang proses bisnis dan pemasaran.

"Sesuai instruksi Presiden, saat ini kami sangat fokus membangun Indonesia Timur, tepatnya mendorong UMKM untuk menerapkan teknologi digital agar bisnis mereka meningkat levelnya," ungkap Nyoman, dalam konferensi pers virtual, Sabtu, 10 September 2022.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Dengan level penerapan teknologi digital yang semakin tinggi, ia melanjutkan, maka daya saing UMKM ikut melonjak. Kali ini, UMKM di lereng Gunung Gamalama, Kota Ternate menjadi target.

Seraya memperlihatkan berbagai hasil produksi yang siap dijual lintas daerah, para UMKM di sana menyambut baik berbagai fasilitas dan kemudahan yang diberikan Kominfo.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Sementara itu, Ivan Hadwin Rarumangkay, selaku Chief Operating Officer Qasir, menjelaskan mengenai kelebihan-kelebihan platformnya yang bisa dipakai oleh UMKM.

Menurutnya, tidak butuh waktu lama untuk langsung meng-install di smartphone masing-masing para UMKM. Sebagaimana namanya yang tidak asing, Qasir atau kasir, adalah aplikasi pembukuan dan pencatatan kas yang diperuntukkan bagi UMKM.

"Kami memang mendesain Qasir menjadi aplikasi yang ramah untuk UMKM. Dapat dilihat dari desainnya yang user friendly, mudah dipelajari dan digunakan, serta harga yang sangat terjangkau, yakni kurang Rp1.000 per hari. Saya juga baru membuka data, Ternate adalah salah satu kota dengan pengguna Qasir terbanyak jika dilihat dari landskap wilayah dan jumlah UMKM," jelas dia.

Melihat betapa antusiasnya para UMKM di Kota Ternate mengadopsi teknologi baru, membuat Nyoman bangga dan optimis. "Jika UMKM di berbagai daerah seperti ini maka saya yakin UMKM akan lebih cepat tumbuh dan berkembang, melampaui perkiraan kami," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya