Teka-Teki Peradaban Tertua di Dunia

Mesopotamia, peradaban suku pertama dan tertua di dunia.
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Bukti yang ditemukan dalam beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa bangsa Sumeria yang sebelumnya dikenal sebagai peradaban tertua di dunia ternyata memiliki beberapa pesaing, termasuk Mesir kuno.

5 Negara Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Eksis dari 6 Ribu Tahun Sebelum Masehi

Sebelumnya, sekitar 4000 Sebelum Masehi (SM), fase awal budaya Sumeria muncul sebagai peradaban tertua di wilayah Mesopotamia, di tempat yang sekarang sebagian besar adalah Irak.

Bangsa Sumeria dinamai menurut kota kuno Sumer, yang terletak beberapa mil di selatan kota modern Kut, di Irak timur, mengutip dari situs Livescience, Rabu, 14 September 2022.

Geger, Reruntuhan yang Diduga Piramida Raksasa Ditemukan

Para arkeolog menyebut fase Sumeria paling awal sebagai periode Uruk, setelah kota Uruk yang sama kunonya sekitar 50 mil (80 kilometer) ke barat daya, di mana banyak artefak Sumeria tertua ditemukan.

Definisi tentang apa yang membuat sebuah peradaban tidak jelas, tetapi secara umum sebuah budaya harus mencapai beberapa keunggulan, terutama urbanisme yang meliputi, kota, irigasi, dan tulisan.

Sri Mulyani Sindir Masyarakat Lebih Suka Gunting Pita daripada Rawat Hasil Pembangunan

Dari ketiga aspek tersebut, bangsa Sumeria memiliki ketiganya. Setelah sekitar 2000 SM, peradaban Sumeria mengarah langsung ke peradaban Babilonia di Mesopotamia, yang dikreditkan dengan menemukan kebenaran matematika seperti trigonometri dan bilangan prima, kuadrat dan kubus konsep yang dikembangkan lebih lanjut oleh orang Yunani kuno lebih dari 1.000 tahun kemudian.

Bangsa Sumeria mungkin juga telah menemukan agama dengan membangun kuil-kuil yang menjulang tinggi yang disebut ziggurats di kota-kota mereka dan mendirikan kasta-kasta imam yang dikhususkan untuk pemujaan ritual dewa-dewa tertentu, menurut sejarawan Amerika Samuel Noah Kramer.  

Dewa mana yang paling kuat di panteon Sumeria yang luas tergantung pada tempat dan waktu: dewa langit Anu, misalnya, populer di Uruk awal, sedangkan dewa badai Enlil disembah di Sumeria.  InannaRatu Surga yang mungkin awalnya adalah dewi kesuburan di Uruk. Pemujaannya menyebar ke kota-kota Mesopotamia lainnya, di mana ia dikenal sebagai Ishtar, dan mungkin telah memengaruhi dewi-dewi peradaban selanjutnya, seperti Astarte di antara orang Het dan Aphrodite Yunani.

Sebuah cerita yang sangat mirip dengan Nuh dalam Alkitab Ibrani, yang membangun sebuah bahtera yang diisi dengan hewan untuk melestarikan keluarganya selama banjir besar yang disebabkan oleh murka ilahi, terkait dalam Epik Gilgames.  Para arkeolog berpikir itu awalnya cerita Sumeria dari sekitar 2150 SM atau berabad-abad sebelum versi Ibrani ditulis.

Beberapa ahli berpendapat bahwa peradaban lain mungkin setua atau bahkan lebih tua dari peradaban Sumeria.

"Saya akan mengatakan bahwa Mesir dan Sumeria pada dasarnya kontemporer dalam kemunculannya," kata Philip Jones, kurator asosiasi dan penjaga koleksi di bagian Babilonia di Penn Museum Philadelphia.

Puluhan tahun perang dan kerusuhan di Irak membuat para arkeolog tidak dapat mengakses banyak situs Mesopotamia, tetapi para ahli Mesir Kuno terus menggali, kata Jones kepada Live Science.

Hasilnya adalah bahwa para arkeolog di Mesir kini telah menemukan tulisan-tulisan sedini tulisan-tulisan paling awal dari Sumeria, yang menunjukkan fase tertua peradaban Mesir kuno muncul kira-kira pada waktu yang sama dengan fase awal peradaban Sumeria atau sekitar 4000 SM.

Kemungkinan lain lagi adalah peradaban Lembah Indus, yang muncul di bagian yang sekarang disebut Afghanistan, Pakistan, dan India barat laut, dan berasal dari setidaknya 3300 SM, menurut artefak paling awal yang ditemukan di sana. Tapi "kita mungkin menemukan barang-barang yang sangat awal di Lembah Indus," kata Jones.  "Tidak akan mengejutkan saya jika kita menggali sesuatu yang sama awal."

Jones menduga bahwa perdagangan awal di sepanjang tepi Samudra Hindia membantu peradaban paling awal ini, Mesir di samping Laut Merah, Sumeria di ujung utara Teluk Persia, dan peradaban Lembah Indus lebih jauh ke timur dan berkembang dari orang-orang pra-beradab  yang tinggal di sana sebelum mereka, dengan membawa mereka sumber daya dan ide-ide dari lebih jauh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya