Apple Punya Terobosan Chipset di Tahun Depan

Logo Apple dan TSMC.
Sumber :
  • asia.nikkei.com

VIVA Tekno – Dikabarkan Chipset M3 masa depan Apple untuk Mac dan chip A17 untuk model iPhone 15 Pro akan diproduksi berdasarkan proses 3nm oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang disempurnakan yang lebih dikenal sebagai N3E pada tahun depan.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Hal ini diungkapkan melalui laporan terbaru dari Nikkei Asia yang lebih detail menyebutkan, perangkat tersebut diperkirakan akan diluncurkan sepanjang tahun depan, seperti dikutip dari situs GSM Arena, Rabu, 14 September 2022.

N3E akan menawarkan peningkatan kinerja dan efisiensi daya dibandingkan dengan proses 3nm generasi pertama TSMC yang dikenal sebagai N3.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Sementara itu, laporan tersebut mengklaim bahwa Apple berencana untuk menggunakan proses 3nm generasi pertama TSMC untuk beberapa chip iPad yang akan datang.

Tidak jelas model iPad mana yang dirujuk laporan tersebut, rumor menunjukkan bahwa Apple akan memperbarui iPad Pro bulan depan dengan chip M2, yang diproduksi berdasarkan proses 5nm generasi kedua TSMC.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Sedangkan, untuk iPad entry-level atau iPad gen 10 baru dengan chip A14 yang lebih lama juga diharapkan akan hadir akhir tahun ini.

Laporan tersebut mengklaim bahwa 2023 dapat menandai tahun kedua berturut-turut di mana hanya model Pro dari jajaran iPhone baru yang menampilkan chip terbaru Apple.

Sebagaimana yang terjadi pada minggu lalu, Apple meluncurkan model iPhone 14 Pro dengan chip A16 berdasarkan proses 4nm TSMC, sedangkan model iPhone 14 dan iPhone 14 Plus standar dilengkapi dengan chip A15 generasi sebelumnya.

Adapun, analis memperkirakan, ada peningkatan biaya setidaknya 40 persen pada area silikon yang sama ketika pindah ke chip 3-nm dari keluarga 5-nm, yang mencakup juga chip 4-nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya