Cara Mendapatkan Uang dari Tiktok Tanpa Joget-Joget

Cara mendapatkan uang dari TikTok
Sumber :
  • pixabay

VIVA Tekno – Cara mendapatkan uang dari TikTok mungkin banyak dicari bagi kamu yang ingin memulai menjadi seorang konten kreator yang menghasilkan uang.

Video Detik-detik Militer Iran Terjun dari Helikopter Untuk Sita Kapal Kontainer Israel

Seperti YouTube dan Instagram, TikTok juga digunakan oleh orang-orang untuk menghasilkan pendapatan dan membangun karier mereka sebagai seorang influencer.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Oada kali ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana kamu bisa memulai untuk mendapatkan penghasilan dar TikTok yang dilansir dari laman Simply Business:

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Cara mendapatkan uang dari TikTok

Aplikasi TikTok memang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, aplikasi TikTok diketahui akan mencapai 1,5 miliar pengguna global pada tahun 2022 ini. 

Reaksi Pemimpin Hamas Tahu Anak-Cucunya Dibunuh Israel saat Idul Fitri: Allah Istirahatkan Mereka

Selama ini banyak pengguna yang menggunakan TikTok karena diketahui dapat menghasilkan uang. Lantas, bagaimana sebenarnya cara mendapatkan uang dari TiKtok dan audiensnya yang berkembang pesat?

Tiga cara mendapatkan uang dari TikTok:

  • menghasilkan uang langsung dari TikTok melalui Dana Kreator (Creator Fund)
  • bermitra dengan merek untuk memposting konten bersponsor
  • menjual barang dagangan sendiri melalui platform

Untuk mendapatkan posisi di mana kamu dapat mulai menghasilkan uang dari TikTok, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • bangun pengikut (followers): dapat mulai menarik perhatian brand-brand dengan sekitar 50.000 pengikut
  • posting konten secara teratur: pastikan kamu konsisten dan tidak kehilangan momentum atau tidak ketinggalan tren-tren terbaru 
  • buat tren baru yang belum pernah dibuat: melompat pada tren: TikTok dikenal dengan tarian viral dan video musiknya, sebisa mungkin kamu harus bisa membuat tren konten sendiri yang viral
  • berinteraksi dengan pengikut: semakin banyak interaksi yang kamu lakukan dengan pengikutmu, semakin baik kinerja posting bersponsor yang akan datang

Berapa banyak pengikut yang dibutuhkan untuk mendapatkan bayaran dari TikTok?

Seperti umumnya semua platform media sosial, semakin banyak pengikut, maka semakin banyak pula uang yang dapat dihasilkan.

Namun, di TikTok sendiri kamu tidak perlu memiliki jutaan pengikut untuk menghasilkan uang. Paling tidak kamu memiliki antara 50.000 dan 150.000 pengikut. Sehingga kamu akan dikenal sebagai 'mikro influencer', sedangkan konten kreator yang pengikutnya kurang dari 50.000 pengikut dikenal sebagai 'nano influencer'.

Jika kamu ingin menghasilkan uang langsung dari TikTok, kamu harus memenuhi persyaratan dengan minimum pengikut dan memiliki setidaknya 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir. 

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan follower sedikit

Jika kamu dapat membangun pengikut yang terlibat dan berfokus pada aktivitas atau topik tertentu, kamu dapat mulai menghasilkan uang dengan sekitar 10.000 pengikut.

Kamu juga harus membangun kepercayaan dengan audiens dan mereka harus lebih cenderung terlibat dengan konten bersponsor yang kamu buat. Akibatnya, brand lebih cenderung menghubungi kamu untuk mempromosikan produk mereka.

Jika membuat konten bersponsor di TikTok, pastikan kammu mengikuti pedoman pemerintah tentang periklanan. Selain membangun jumlah pengikut, kamu juga harus fokus pada hal-hal berikut ini

  • membangun tampilan video 
  • menciptakan personal brand 
  • membangun keterlibatan dengan pengikut
  • mempertahankan audiens dari waktu ke waktu

Berapa TikTok akan membayar?

Jumlah uang yang dapat kamu hasilkan dari TikTok tidak terbatas, tetapi jumlahnya bervariasi. Beberapa konten kreator paling terkenal di dunia menghasilkan jutaan pound melalui platform tersebut dalam setiap tahun. Misalnya, menurut Digital Marketing Institute, kreator AS Addison Rae telah menghasilkan sekitar $5 juta dari video TikTok-nya.

Diperkirakan bahwa konten kreator paling populer dapat menghasilkan hingga £10.000 per postingan. Namun, kecil kemungkinan kamu dapat menghasilkan pendapatan yang signifikan langsung dari TikTok kecuali jika semua video mendapatkan banyak interaksi.

Itulah mengapa penting untuk menjelajahi berbagai aliran pendapatan, termasuk kemitraan dan merchandise. Kamu dapat menghitung perkiraan penghasilan menggunakan kalkulator uang TikTok.

Apa itu Creator Fund TikTok?

Di Inggris, TikTok Creator Fund adalah bagian dari Creator Next, sebuah inisiatif TikTok yang membantu para pembuat konten membawa konten mereka ke level berikutnya.

Selain Creator Fund, anggota Creator Next juga mendapatkan akses ke beberapa bagian berikut ini:

  • TikTok Creator Marketplace, platform tempat konten kreator dapat terhubung dengan brand dan agensi dengan tujuan membuat konten bersama
  • LIVE Gifts, konten kreator yang menerima hadiah dari pengikut selama melakukan live atau streaming langsung dan dapat menebusnya dengan uang
  • Video Gifts, cara bagi konten kreator untuk menghasilkan uang dari video pendek mereka. Hadiah apa pun yang mereka terima dapat ditukar dengan uang tunai
  • Tips, kreator yang menggunakan fitur ini dapat menerima tips dari pengikut yang ingin mendukung mereka secara finansial

Cara mendapatkan uang dari TikTok dengan metode lain

Jika kamu ingin menjadi influencer dan menghasilkan uang dari pemasaran afiliasi, ada baiknya memiliki strategi multi-channel, membangun pengikut kamu di berbagai platform seperti Instagram, YouTube dan termasuk juga TikTok.

Mengembangkan brand online kamu di beberapa platform dapat membantumu menjadi lebih dikenal oleh khalayak yang lebih luas, membangun kepercayaan dengan pengikut dan pada akhirnya menciptakan lebih banyak peluang untuk menghasilkan uang.

Berikut ini beberapa cara lain untuk dapat menghasilkan uang dari TikTok:

  • promosi lagu, label rekaman dan promotor musik sering kali membayar influencer untuk mempromosikan lagu artis mereka
  • kumpulkan gifts dan tip virtual, kamu dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan membuat konten yang disukai oleh para pengikutmu. TikTok memiliki beberapa alat yang berguna untuk membantu mengumpulkan hadiah dan tip tersebut
  • buat iklan dalam feed (feed ads), gunakan TikTok Ads Manager untuk mempromosikan barang dagangan atau layanan apa pun yang kamu tawarkan
  • menjadi konsultan, jika kamu sudah menghasilkan uang dari TikTok, konten kreator baru dapat mempekerjakan kamu untuk menawarkan tip dan saran tentang cara memulai
  • jual produkmu sendiri, usaha kecil dapat menggunakan TikTok Shop untuk menjual langsung di platform melalui campuran live streaming dan video

Itulah sejumlah cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu lakukan dan ikuti sebagai konten kreator di aplikasi yang sangat populer dan mendunia tersebut. Kamu bisa memulai mengikuti cara-cara tersebut agar dapat menghasilkan uang dari platform TikTok tersebut.

Viral penumpang Toyota Rush pelat F buang sampah sembarangan

Penumpang Mobil Berpelat F Ini Dicari Netizen hingga Dikecam Ridwan Kamil

Viral di sosial media aksi tak terpuji penumpang mobil Toyota Rush berpelat F membuang sampah sembarangan saat macet di jalur Puncak, Cianjur. Aksinya dikecam netizen.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024