Grup Telkom Ingin Unjuk Gigi di Bisnis Data Center

Data center.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Pandemi COVID-19 mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia dan makin mempercepat transformasi teknologi digital.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Apalagi tren work from home (WFH) yang terus diterapkan dunia usaha pascapandemi telah meningkatkan permintaan akses internet super cepat plus data center di Indonesia.

Untuk dapat memfasilitasi implementasi WFH, banyak pelaku bisnis yang memilih data center colocation daripada opsi yang konvensional.

Orang Ini Dipastikan Berkantor di IKN, tapi Bukan Jokowi

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengoptimalkan ceruk tersebut dengan menghadirkan NeuCentrIX, service data center, yang membuat pekerjaan jarak jauh menjadi lebih mudah dan memungkinkan pelanggannya mendapat layanan terbaik sekaligus menekan biaya operasional dibandingkan harus mengoperasikan data center sendiri.

Layanan data center dari NeuCentrIX membuat semakin banyak perusahaan memperoleh manfaat dari infrastruktur yang telah dirancang dengan baik serta daya dan sistem pendingin yang efisien tanpa harus khawatir tentang perawatannya.

Katalog Elektronik versi 6 Diluncurkan, Apa Kelebihannya

Data center.

Photo :
  • http://www.postlicious.com

NeuCentrIX juga menyediakan dukungan 24/7 di setiap lokasi data center, sehingga dapat menghilangkan biaya menyediakan tim IT khusus ketika terjadi masalah.

Baru-baru ini, NeuCentrIX berkolaborasi dengan Telkomsel untuk mewujudkan visi operator seluler terbesar di Indonesia itu menjadi penyedia layanan dan solusi mobile digital lifestyle kelas dunia.

"Telkomsel kini dapat menggunakan layanan yang ada di dalam NeuCentrIX untuk mengakses produk digital lokal maupun global serta memenuhi kebutuhan broadband internet untuk mendukung perkembangan bisnis digital perusahaan," kata Deputy EVP Wholesale Service Telkom Indonesia, Hadi Prakosa, dalam konferensi pers virtual, Rabu, 14 September 2022.

Ia juga menilai kolaborasi sesama anak usaha Telkom dapat menjadi jangkar yang akan menarik para content owner untuk turut memperkaya ekosistem NeuCentrIX.

"Telkomsel akan memperoleh manfaat berupa peningkatan experience pelanggan, khususnya untuk layanan game dan video, sehingga memiliki keunggulan bersaing. Selain itu, Telkomsel juga dapat meningkatkan performa broadband dan meningkatkan user experience untuk pengaksesan beberapa konten pilihan," jelasnya.

Bagi Telkom, kolaborasi tersebut dapat me-leverage bargaining position NeuCentrIX terhadap OTT (over the top)/content provider dalam upaya memonetisasi eyeballs Telkom Group. "Pada akhirnya sinergi ini akan meningkatkan value Telkom Group," ungkap Hadi.

NeuCentrIX Telkom.

Photo :
  • Dok. Telkom

Sementara itu, VP Network Partnership Management Telkomsel Awal R Chalik menilai kolaborasi dengan NeuCentrIX dapat mewujudkan sinergi sebagai pusat ekosistem digital.

"Harapan kami kolaborasi ini bisa meningkatkan competitiveness bagi pelanggan Telkomsel serta membuka peluang baru untuk penyediaan solusi ‘smart connectivity’ bagi pelanggan corporate/enterprise, dan juga mendorong perkembangan industri konten dalam negeri," paparnya.

Sejak awal pandemi Covid-19 dua tahun lalu, ada delapan sektor industri yang diperkirakan bakal menopang perekonomian Indonesia, yaitu e-commerce, makanan, pengiriman, komunikasi online, media dan konten online, keuangan, layanan dan teknologi kesehatan, dan teknologi pendidikan.

Banyak bisnis yang kemudian berkembang berkat penemuan produk atau layanan baru dan bertahan karena mampu menghadapi perubahan berkat pemanfaatan infrastruktur digital, termasuk data center.

NeuCentrIX dinilai mampu menyediakan data yang reliable bagi perusahaan dalam menciptakan tempat kerja virtual yang andal. Jika karyawan jarak jauh tidak dapat mengakses data dan aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan, akibatnya waktu akan terbuang percuma alias downtime.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya