10 Cara Menghemat Kuota, Jamin Anti Boncos

Smartphone.
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA Digital – Cara menghemat kuota atau tips bagaimana menghemat kuota ini bisa diterapkan saat kuota internet di smartphone kamu menipis. Saat ini, akan terasa ada yang kurang jika sehari saja kita tidak menggunakan jaringan internet untuk berbagai kebutuhan. Contohnya saja, mengakses sosial media, mengecek email atau surel, menggunakan maps ketika akan pergi atau sekadar menggunakan layanan internet banking ketika akan membayar sesuatu. 

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Menggunakan internet, tentu mengharuskan smartphone memiliki kuota yang cukup untuk bisa mengakses jaringan, jika tak terhubung dengan Wi-Fi. Dengan kuota ini maka aktivitas berselancar di dunia maya pun bisa kamu jalankan. 

Kuota tentu harus dibeli menggunakan sejumlah uang, yang kemudian membuat penggunanya harus ekstra hemat untuk menggunakannya. Tapi sayangnya tidak banyak orang bisa melakukan penghematan kuota ini dengan baik. Akibat terlalu asyik berselancar di dunia maya mereka tidak bisa mengontrol kuota yang dimilikinya.

Lindungi Diri Lewat Aplikasi

Nah, untuk itu, ada beberapa tips atau cara menghemat kuota yang bisa kamu terapkan dengan mudah di smartphone kamu. Dirangkum Viva melalui berbagai sumber, berikut 10 cara menghemat kuota.

Cara Menghemat Kuota
Atur Update Aplikasi

Disney Plus akan Bertindak Tegas

aplikasi smartphone

Photo :
  • U-Report

Nah, cara pertama adalah coba cek pengaturan memperbaharui aplikasi yang kamu terapkan di smartphone mu. Batasi update aplikasi hanya ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Tanpa kita sadari, terkadang aplikasi membutuhkan pembaruan dan ternyata secara otomatis menggunakan kuota internet yang kita miliki. Jika hanya 1 aplikasi mungkin tidak terlalu terasa kuota cepat habis. Namun, ketika ternyata ada belasan atau puluhan aplikasi yang membutuhkan update dalam waktu yang hampir bersamaan tentu akan menyita banyak kuota dan juga batere akan cepat habis. 

Jadi, coba untuk ubah update di bagian pengaturan ke mode Wi-Fi only. Nah ini adalah salah satu cara menghemat kuota yang paling penting.

Batasi Penggunaan Background

Smartphone.

Photo :
  • unsplash.com

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa penggunaan data background bisa menjadi salah satu hal yang smartphone kita jadi boros kuota internet. Hal ini pun terkadang tak kita sadari.

Salah satu cara menghemat kuota yang selanjutnya adalah dengan mematikan penggunaan data di background di menu settings atau pengaturan. Berikut caranya:

Klik Settings

Pilih Data Usage

Tap tiga garis vertikal di kanan atas

Pilih Restrict Background Data

Klik OK

Batasi Penggunaan Data

Generasi milenial tidak bisa jauh dari smartphone.

Photo :
  • Boston Consulting Group

Kuota internet juga bisa cepat habis, biasanya, karena penggunaan kuota atau data yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, atur penggunaan paket data internet kamu dengan membatasinya.

Sebenarnya setiap smartphone, khususnya Android, memiliki fitur tersendiri untuk membatasi penggunaan data. Fitur ini nantinya akan mengingatkan kamu jika ternyata kamu telah menggunakan terlalu banyak data atau melebihi batas minimum. 

Nantinya, ketika menggunakan terlalu banyak data, ponsel akan secara otomatis mengirimkan peringatan jika batas penggunaan data terlampaui. Dan jika batas data telah terlampaui, koneksi internetmu akan terputus secara otomatis.

Nonaktifkan Sinkronisasi

Fitur Facebook, Instagram dan WhatsApp di smartphone.

Photo :
  • dw

Beberapa aplikasi dapat disinkronkan secara otomatis, dan ketika melakukan sinkronisasi ini berarti smratphone kamu akan kehilangan lebih banyak kuota. 

Untuk menyiasatinya, kamu hanya perlu mematikan sinkronisasi otomatis. Caranya juga mudah kok, hanya perlu pergi ke pengaturan dan pilih opsi akun. Dari sana akan ada daftar aplikasi yang sinkron secara otomatis. Kamu hanya perlu menonaktifkan beberapa aplikasi yang ingin kamu matikan sinkronisasinya. 

Menggunakan kuota tanpa pengelolaan yang tepat akan membuat kamu kehabisan kuota. Kuota menjadi hal yang membuat kita kecanduan ponsel. Jadi, untuk mengurangi kecanduan, kamu perlu mengurangi penggunaan kuota dengan cara-cara di atas. 

Gunakan Browser yang Lebih Efisien

Browser terbaik dan tercepat.

Photo :
  • U-Report

Sebuah browser atau peramban ternyata juga mampu membuat kuota internet kamu cepat habis, lho. Terutama browser default yang merupakan bawaan dari smartphone kamu yang banyak diyakini banyak mengambil kuota internet. 

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet kamu secara primer dengan mengompres website yang kamu kunjungi. Dengan fitur data-saving `video boost`, kamu akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot kuota internet yang besar.

Selain Opera Mini, kamu juga bisa menggunakan browser Google Chrome tentunya dengan sebuah strategi khusus. Caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

Menggunakan Aplikasi Kompres Data

Aplikasi Facebook dan Amazon di smartphone.

Photo :
  • dw

Cara menghemat kuota selajutnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data guna menghemat kuota internet. Salah satu yang bisa dipakai adalah Onavo Extend, aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita. 

Meski aplikasi Onavo Extend ini tidak dapat melakukan kompresi video, namun Onavo tetap akan mampu menjadi pilihan yang tepat apabila kamu ingin menghemat kuota internet.

Batasi Penggunaan Kuota Masing-Masing Aplikasi

smartphone

Photo :
  • U-Report

Selain membuat pembatasan pada penggunaan kuota, cara menghemat kuota lainnya, kamu juga bisa membuat pembatasan penggunaan data pada masing-masing aplikasi atau layanan yang ada untuk membuat pengematan kuota. 

Beberapa aplikasi memang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Cara pengaturannya kamu bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin diatur. Sepetti misalnya pada aplikasi Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

Identifikasi Aplikasi yang Terlalu Menyedot Kuota

Instagram.

Photo :
  • unsplash,com

Berikutnya, cara menghemat  kuota internet adalah dengan mengidentifikasi aplikasi yang menyedot kuota. Memang akan ada beberapa aplikasi yang telah kamu download dan install yang lebih banyak menyedot kuota. Bagaimana cara mengetahuinya? Caranya kamu bisa menuju menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. Disinilah kamu akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota kamu bisa melakukan uninstall atau menghapus aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut.

Gunakan Aplikasi "Mailbox" Untuk Keperluan Email

Ilustrasi email.

Photo :
  • U-Report

Salah satu hal yang juga sering membuat kuota cepat habis adalah penggunaan email atau surel (surat elektronik). Keperluan surat menyurat secara elektronik, seperti membuka email dan juga mengunggah dan mengunduh file attachment dari email tentunya akan membuat kuota kamu tersedot banyak. 

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS. Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu akan mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email. Dengan demikian maka kuota internet kamu bisa dihemat dengan baik. 

Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Peta Google Maps

Photo :
  • U-Report

Cara menghemat kuota yang terakhir adalah dengan mengubah fitus maps yang ada di smartphone, ke mode offline. Aplikasi Maps memang mampu menguras kuota internet kamu dengan cepat. Dan anehnya tidak banyak penggunanya yang tidak menyadari hal ini. Aplikasi Maps ini akan makin banyak menguras data bila kamu menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Untuk mengatasi borosnya kuota dari penggunaan aplikasi Maps ini kamu bisa mengubah pengaturan Maps ini dari mode online ke mode offline. Untuk platform Android, kamu bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Setelah itu, bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline’. Dari sini kamu bisa memilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Untuk platfom iOS, kamu hanya perlu mengubah mode ke flight mode.

VIVA Otomotif: Pameran GIIAS 2023

Mobil Baru Laku Keras Jelang Lebaran, Ini 10 Merek Paling Diminati

Angka penjualan mobil dan kendaraan bermotor roda empat atau lebih pada Maret 2024 atau satu bulan sebelum lebaran, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan bulan s

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024