Dokter Keluarkan 50 Baterai dari Usus dan Perut Seorang Wanita

Ilustrasi baterai.
Ilustrasi baterai.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – Dokter di Republik Irlandia mengeluarkan 50 baterai dari usus dan perut seorang wanita setelah dia menelannya dalam tindakan untuk melukai diri sendiri.

Wanita berusia 66 tahun itu dirawat di Rumah Sakit Universitas St. Vincent di Dublin, ibu kota Republik Irlandia, setelah menelan baterai silinder dengan jumlah yang tidak diketahui, menurut laporan kasus tersebut.

Sinar-X mengungkapkan banyak baterai di perutnya. Untungnya itu tidak menghalangi saluran pencernaannya (GI) dan tidak ada baterai yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan struktural.

Tim perawatan awalnya mengambil pendekatan konservatif, yang berarti mereka mengamati pasien dengan cermat untuk melihat apakah dan berapa banyak baterai yang akan melewati saluran GI sendiri.

Selama periode satu minggu, dia melewati lima baterai AA, tetapi sinar-X yang diambil selama tiga minggu berikutnya menunjukkan bahwa sebagian besar baterai telah gagal melalui tubuhnya. Pasien mengalami nyeri perut yang menyebar.

Wanita itu kemudian menjalani laparotomi, di mana ahli bedah membuat sayatan untuk mengakses rongga perutnya. Mereka menemukan bahwa perut yang ditarik ke bawah karena berat baterai telah menjadi buncit dan meregang ke area di atas tulang kemaluan.

Tim kemudian membuat lubang kecil di perut dan mengeluarkan 46 baterai dari organ, ini termasuk baterai AA dan AAA, menurut situs Science Alert, Senin, 19 September 2022.