5 Hewan Hybrid Hasil Perkawinan Silang, Unik dan Langka

Liger, hasil perkawinan silang singa dan harimau.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Tahukah kamu apa itu hewan hybrid dan apa saja jenis-jenis hewannya? Hewan hybrid sendiri maksudnya adalah hewan yang melakukan perkawinan silang dan ternyata mereka benar-benar ada dan bukan mitos karena pada faktanya banyak hewan yang berasal dari perkawinan silang.

Bukan Kecoa, Ini Hewan yang Paling Tangguh di Bumi

Hewan hybrid biasanya merupakan hasil reproduksi dari dua hewan sejenis, seperti singa dan harimau. Ada juga hewan hybrid yang dikawin silangkan dengan bantuan manusia. Lantas, apa saja mereka? Melansir dari AZ Animals, berikut ini sejumlah hewan hybrid yang bisa kamu ketahui.

1. Liger 

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Liger, campuran singa dan harimau

Photo :
  • GW Interactive Zoo
Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

Liger merupakan keturunan dari perkawinan silang dari singa jantan dan harimau betina. Hewan liger sendiri menjadi yang paling terkenal dan kucing besar terbesar. Biasanya ukuran liger jauh lebih besar dari kedua induknya. Liger non-obesitas terbesar di dunia diketahui memiliki berat 1.000 pon atau sekitar 500 kg dan liger terberat yang pernah tercatat memiliki berat yang mencengangkan yakni seberat 1.600 pon atau 800 kg.

2. Tigon

Tigon, hewan hybrid perkawinan silang harimau jantan dan singa betina

Photo :
  • AZ Animals

Hewan hybrid dari perkawinan selanjutnya ada Tigon yang merupakan keturunan dari harimau jantan dan singa betina. Sekilas memang terlihat mirip dengan liger karena bagaimanapun juga keduanya adalah campuran singa dan harimau.

Namun, ketika harimau jantan kawin dengan singa betina, maka keturunan yang dihasilkan adalah tigon. Ukuran tigon jauh lebih kecil dari liger dan mereka cenderung lebih kecil dari kedua orang tuanya. Tigon biasanya lebih mirip ayah mereka yang  harimau, tetapi mereka memiliki sifat dari ibu singa seperti kemampuan mengaum dan suka bersosialisasi.

3. Beefalo 

Beefalo, hewan hybrid kerbau dan sapi

Photo :
  • AZ Animals

Berikutnya ada Beefalo yang merupakan hewan hybrid perkawinan silang dari kerbau dan sapi domestik. Dalam kebanyakan kasus, peternak membuat beefalo dengan mengawinkan kerbau peliharaan dengan bison Amerika betina. Tidak seperti banyak jenis hibrida hewan lainnya, beefalo dapat bereproduksi sendiri.

Hewan-hewan ini sengaja disilangkan oleh manusia untuk meningkatkan produksi daging sapi dan membawa sifat-sifat terbaik dari kedua spesies. Mereka menghasilkan daging yang lebih ramping dan beraroma seperti bison, tetapi lebih jinak dan lebih mudah dipelihara seperti ternak domestik.

Biasanya, beefalo adalah 37,5% bison dan sebagian besar menyerupai sapi. Beberapa keturunan adalah 50% atau lebih bison dan kadang-kadang disebut "cattalo." Selain itu, hibrida apa pun yang lebih mirip bison daripada sapi biasanya dianggap sebagai "hewan eksotis" daripada ternak.

4. Zebroid

Zebroid, hewan hybrid perkawinan silang zebra dan kuda

Photo :
  • AZ Animals

Secara teknis, zebroid adalah hewan hybrid perkawinan silang dari zebra dan kuda lainnya. Ketika dipasangkan dengan kuda, maka keturunannya disebut "zorse." Zebra hybrid biasanya tidak subur dan jarang berpasangan.

Zebra hybrid biasanya memiliki penampilan seperti hewan yang telah dikawin silangkan, tetapi tetap memiliki bulu bergaris dari zebra murni. Sebagian besar hewan hybrid tidak memiliki bulu yang sepenuhnya bergaris. Sebaliknya, garis-garis biasanya ditemukan hanya pada kaki atau area tubuh yang tidak putih, tergantung pada genetika dari induk non-zebra mereka.

5. Kucing Savannah

Kucing Savannah.

Photo :
  • U-Report

Kucing Savannah mungkin terlihat seperti hewan peliharaan rumah, tetapi mereka juga merupakan hewan hybrid yang eksotis. Kucing savannah adalah hasil dari perkawinan silang kucing domestik dengan serval Afrika liar.

Savannah adalah hewan mencolok yang ukurannya hampir sama dengan kucing domestik besar. Namun, tubuh mereka tinggi, bentuk ramping dan bulu berbintik-bintik memberi mereka penampilan yang liar dan eksotis. Kucing jenis ini biasanya bisa dua kali lebih besar dari kucing domestik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya