Planet Jupiter Akan Berada Dalam Posisi Terdekat dengan Bumi

Planet Jupiter dengan empat Bulan sebagai satelitnya.
Planet Jupiter dengan empat Bulan sebagai satelitnya.
Sumber :
  • Instagram/@simply_telescope

VIVA Tekno – Jupiterplanet terbesar di Tata Surya, akan berada di posisi terdekatnya dengan Bumi dalam 59 tahun terakhir atau ada 26 September 2022.

Dalam posisi tersebut, planet gas raksasa ini akan berada sekitar 590 juta kilometer dari bumi, sedangkan dalam posisi terjauhnya, Jupiter berjarak sekitar 960 juta kilometer dari bumi.

Planet raksasa tersebut akan berada pada posisi yang bersebrangan dengan Jupiter atau dalam pengaturan astronomi dikenal dengan sebutan oposisi, seperti dikutip dari situs Space, Selasa, 20 September 2022.

Oposisi adalah hal biasa bagi Jupiter, terjadi setiap 13 bulan, dan planet serta Bumi melakukan pendekatan dekat kira-kira setahun sekali.

Susunan yang melihat Bumi di antara matahari dan Jupiter jarang bertepatan dengan pendekatan terdekat planet terbesar tersebut ke planet kita, yang dikenal sebagai perigee.

Namun pada kesempatan ini, oposisi terjadi pada 26 September dan pendekatan terdekat pada 25 September.

Akibatnya, planet gas raksasa akan menjadi sangat terang dan besar di langit. Jupiter harus berada dalam posisi utama untuk pengamat langit dengan teropong atau teleskop kecil selama beberapa hari di sekitar dua tonggak.