Lulus Uji Bahan Bakar, Kali Ini Artemis 1 Siap Meluncur

Persiapan peluncuran Artemis-1 ke Bulan.
Sumber :
  • nypost.com

VIVA Tekno – Roket Artemis 1 milik NASA yang akan meluncur ke bulan telah berhasil lulus uji bahan bakar, artinya hal ini berpotensi untuk membuatnya tetap meluncur pada tanggal 27 September sesuai dengan rencana.

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak

NASA saat ini mengincar 27 September sebagai target peluncuran untuk Artemis 1, dengan kemungkinan cadangan tanggal peluncuran pada 2 Oktober 2022.

Kendati begitu, NASA sendiri tidak ingin sesumbar meskipun telah melewati kesuksesan pengujian.

Perburuan Alien Belum Usai, Kawan

"Saya pikir kami akan mengambil data dan kami akan melihat apa yang dikatakannya kepada kami. Saya sangat terdorong oleh ujian hari ini dan berhasil melewati semua tujuan kami." kata Direktur Peluncuran Artemis, Charlie Blackwell-Thompson.

Masih terdapat beberapa hal lain yang harus dilakukan Artemis 1 agar misi tersebut dapat diluncurkan dalam dua minggu ke depan.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Misi tersebut juga harus mendapatkan pengabaian sertifikasi sistem terminasi penerbangan (FTS), yang dirancang untuk menghancurkan SLS jika menyimpang dari jalur saat peluncuran, seperti dikutip dari situs Space, Kamis, 22 September 2022.

Roket Artemis 1 ini untuk pertama kalinya dijadwalkan akan meluncur pada Senin, 29 Agustus 2022 dan terpaksa harus dibatalkan lantaran diterpa permasalahan mesin.

Kala itu, tim tidak dapat mendinginkan salah satu mesin RS-25 yang menunjukkan suhu lebih tinggi dari tiga yang lainnya.

Enggan menyerah, NASA kembali menetapkan jadwal penggantinya dan berencana untuk meluncurkan misi Artemis 1 Moon pada Sabtu, 3 September 2022.

Lagi-lagi, jadwal tersebut terpaksa harus mundur karena roket mengalami kebocoran pengisian bahan bakar yang terdeteksi sekitar tujuh jam sebelum lepas landas.

Penting untuk diketahui, misi Artemis 1 merupakan bagian dari misi Artemis, proyek ambisius milik NASA.

Sebagai informasi tambahan, Artemis 1 merupakan uji terbang pertama program ambisius Artemis NASA yang hendak membuat astronot kembali menginjakkan kakinya di bulan pada tahun 2025.

Setelah diluncurkan, Artemis 1 akan menghabiskan sekitar lebih dari satu bulan untuk terbang ke bulan, mengitari satelit alami Bumi dalam orbit yang panjang, dan kemudian kembali ke bumi untuk meluncur di Samudra Pasifik di lepas pantai California.

Selain itu, Artemis 1 ini akan diikuti oleh misi Artemis 2 dan Artemis 3 pada tahun 2024 dan 2025 atau 2026 mendatang.

Artemis 2 akan menjalankan perjalanan yang mirip dengan Artemis 1, hanya saja akan menyertakan empat orang awak kapal, dan Artemis 3 akan mengirimkan wanita dan satu orang kulit berwarna akan mendarat di kutub selatan bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya