Arab Saudi Mau Kirim Astronot Perempuan ke Luar Angkasa

Astronot.
Astronot.
Sumber :
  • Innovation News Network

VIVA Tekno – Arab Saudi akan mengirimkan astronot perempuan pertamanya ke luar angkasa. Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana, astronot perempuan tersebut akan meluncur ke luar angkasa tahun depan.

Negara tersebut telah memulai program astronot mereka dan menggandeng Axiom Space dalam penerbangan yang berkemungkinan akan meluncur tahun depan, mengutip dari situs Space, Jumat, 23 September 2022.

Melalui program tersebut, Arab Saudi berambisi untuk mengirim dua warganya untuk ke ruang angkasa, dan setidaknya salah satunya adalah perempuan.

Misi tersebut akan diorganisir oleh Axiom Space, perusahaan yang berbasis di Houston, Amerika Serikat.

"Luar angkasa adalah milik seluruh umat manusia, yang merupakan salah satu alasan Axiom Space dengan senang hati menyambut kemitraan baru kami dengan Komisi Luar Angkasa Saudi untuk melatih dan menerbangkan astronot Saudi, termasuk astronot Saudi wanita pertama," tulis Presiden dan CEO Axiom Space Michael Suffredini dalam sebuah pernyataan.

Axiom sendiri telah menerbangkan satu misi awak pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), penerbangan yang disebut Ax-1 yang mengorbit di atas kapsul SpaceX Dragon dan saat ini Axiom tengah bersiap untuk misi ISS lainnya, yang disebut Ax-2, yang diperkirakan akan diluncurkan pada musim semi mendatang.

Diperkirakan, penerbangan Saudi yang akan datang juga akan serupa, menggunakan perangkat keras SpaceX untuk sampai ke ISS.

Sebagai informasi tambahan, Axiom memiliki ambisi di luar mengantar orang ke dan dari lab yang mengorbit. Misalnya, perusahaan berencana untuk mulai meluncurkan modul ke ISS pada tahun 2024. Beberapa tahun kemudian, perangkat keras ini akan terlepas dan menjadi stasiun ruang angkasa komersial yang terbang bebas, yang akan dioperasikan oleh Axiom.

Selain itu, Axiom juga akan membuatkan pakaian antariksa moonwalking untuk misi Artemis 3 NASA, yang bertujuan untuk menempatkan astronot di dekat kutub selatan bulan pada tahun 2025 atau 2026 mendatang.