Bandung hingga Makassar, Siap-Siap Hadapi ASO

TV analog dan TV digital.
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Beberapa daerah di pulau Jawa akan segera menghadapi suntik mati tv analog atau (ASO).

Kemkominfo Yakin Seluruh TV Analog Mati Tahun Ini

Adapun, daerah-daerah tersebut meliputi kota-kota besar di pulau Jawa dan segera menyusul, kota-kota yang terletak di luar pulau Jawa.

“Menyusul nanti, setelah Jabodetabek bersiap Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, kemudian luar Jawa, Medan, Banjarmasin, Bali, Palembang dan Makassar.” ujar Kepala Gugus Tugas ASO Gerryantika Kurnia, saat ditemui wartawan di Jakarta, Jumat, 23 September 2022.

Fokus Bangun Bisnis Digital, tapi Iklan Tak Ditinggal

Pemerintah sendiri sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Cipta Kerja telah menetapkan tanggal 2 November 2022 sebagai tenggat waktu penerapan ASO di Indonesia.

Adapun, pemerintah juga telah menetapkan untuk wilayah layanan Jabodetabek akan dilakukan ASO secara serentak pada tanggal 5 Oktober 2022.

Harsiarda 2023, Momentum Merdeka Layanan Siaran Televisi Digital di Jawa Barat

“Wilayah Jabodetabek dan sekitarnya telah memenuhi kriteria ASO, maka penghentian siaran televisi analog akan dilakukn secara serempak pada 5 Oktober 2022 pukul 24:00 WIB.” ujar Rosarita Niken Widiastuti, Staf Khusus Menkominfo RI, di Kompleks Kantor Kominfo, Jakarta, 23 September 2022.

Terdapat sekitar 14 daerah administratif di wilayah Jabodetabek yang akan terdampak dari kebijakan tersebut.

“Daerah administratif yang terdampak terdiri dari 14 kab/kota, meliputi Jak Pusat, Utara, Barat, Selatan, Timur, Kab. Kepulauan Seribu, Kab. Bekasi, Kab. Bogor, Kota Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kab. Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan” kata Niken.

Selain itu, pelaksanaan ASO di masing-masing daerah ini juga akan berlandaskan atas kesiapan daerah.

“ASO harus dilakukan scara bertahap dg mendahulukan wilayah2 yang udah siap ASO, atau yang kami sebut multiple ASO” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya