Hacker Indonesia Penggeser Satelit China Bicara soal Bjorka

(Kiri) Jim Geovedi (Kanan) Bjorka
(Kiri) Jim Geovedi (Kanan) Bjorka
Sumber :
  • Kolase

VIVA Tekno – Beberapa waktu belakangan ini ramai dibicarakan soal hacker Bjorka yang mengklaim sukses membocorkan data pribadi sejumlah perusahaan dan instansi, bahkan melakukan doxing terhadap pejabat pemerintah.

Adapun hacker asal Indonesia, Jim Geovedi pernah viral pada 2009 karena berhasil menggeser satelit China. Saat itu dia diminta menguji sistem keamanan kontrol satelit dan melihat adanya kemungkinan untuk menggeser atau mengubah rotasinya.

Rupanya melalui akun Twitter @Geovedi, pria kelahiran Lampung ini pernah beberapa kali menulis tweet soal kebocoran data yang akhir-akhir ini kerap terjadi di Indonesia, baik yang terkait Bjorka maupun peretas lain.

"Saya dengan bangga menyataka,n bahwa komentar saya 15 tahun yang lalu tentang lembaga pemerintah Indonesia yang memperlakukan situs web mereka seperti etalase toko biasa," ujarnya.

Saat itu dia mengomentari soal kebocoran data polisi dan Badan Intelijen Negara (BIN). Selain itu Jim juga menulis soal forum yang biasanya digunakan Bjorka untuk menjual data pribadi, Breached, yang akan diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).