Duh! Peluncuran Artemis 1 ke Bulan Mundur Lagi

Roket Artemis 1.
Roket Artemis 1.
Sumber :
  • Instagram/NASA

VIVA Tekno – Dengan berat hati Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) harus membatalkan lagi jadwal peluncuran roket Artemis 1 ke Bulan.

27 September 2022 yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai jadwal peluncurannya nampaknya terpaksa harus mundur lagi lantaran meningkatnya badai tropis Ian di Florida, seperti dikutip dari situs Space, Senin, 26 September 2022.

Hingga saat ini, NASA juga masih belum memutuskan apakah akan mengembalikan roket Space Launch System (SLS) ke Gedung Perakitan Kendaraan (VAB) Kennedy Space Center.

“Manajer @NASA terus memantau laporan cuaca dengan cermat dan akan bertemu malam ini untuk mengevaluasi apakah akan mengembalikan roket @NASA_SLS dan pesawat ruang angkasa @NASA_Orion atau tetap berada di landasan untuk mempertahankan peluang upaya peluncuran Artemis pada 2 Oktober.” cuit NASA pada akun Twitter-nya.

Sebelumnya pada hari Jumat lalu, pejabat NASA tetap yakin bahwa roket Artemis 1 siap diluncurkan setelah berhasil melewati uji coba sistem bahan bakarnya yang sempat bermasalah.

Tim Artemis I berhasil mengisi roket dengan bahan bakar hidrogen cair super-dingin yang diperlukan untuk peluncuran sebenarnya, hanya mengalami kebocoran yang diklaim masih dapat ditangani.

NASA juga diberikan perpanjangan dari Angkatan Luar Angkasa AS (US Space Force) yang memungkinkan megaroket tetap berada di landasan peluncuran tanpa menguji baterai di Sistem Penghentian Penerbangannya, fitur keselamatan yang menghancurkan roket jika terjadi kesalahan selama penerbangannya.

Halaman Selanjutnya
img_title