YouTube Isi Konten KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Diduga Diretas

Channel YouTube Jahril Ajen Akmil diduga telah diretas.
Channel YouTube Jahril Ajen Akmil diduga telah diretas.
Sumber :
  • Channel YouTube Jahril Ajen Akmil

VIVA Tekno – Saluran YouTube Jahril Ajen Akmil diduga telah diretas. Kini saluran tersebut diisi oleh beberapa video yang berasal dari luar negeri. Peralihan konten terpantau terlihat dari 8 bulan lalu namun masif dilakukan dalam 2 minggu terakhir.

Channel yang sudah memiliki 115 konten video itu awalnya diisi oleh aksi KSAD Jenderal Dudung Abdurachman yang tengah bernyanyi atau bermain alat musik piano.

Tapi kemudian berubah menjadi video musik dari band asal Meksiko. Hal tersebut diketahui dari keterangan pada konten videonya yang mencantumkan saluran bernama 'elcarteldesantatv'.
Setidaknya ada sekitar 90 konten yang terkait dengan band asal Meksiko tersebut. Namun untuk konten yang paling baru merupakan video animasi dengan thumbnail Roblox berjudul Alphabet Lore But They Are Popular. Video ini tidak memiliki keterangan.

Saluran YouTube Jahril Ajen Akmil dari pantauan VIVA Tekno pada situs analitik Social Blade pada Senin, 26 September 2022 dibuat pada 1 Desember 2020. Itu mempunyai 11,3 ribu subscriber, bertambah 200 persen selama satu bulan terakhir.

Hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak KSAD Jenderal Dudung Abdurachman terkait pemuatan konten-konten dan dugaan peretasan.

Aksi peretasan saluran YouTube kerap terjadi, menimpa selebriti maupun tokoh politik yang sudah mempunyai banyak subscriber. Adapun yang disasar adalah pengelola atau admin dari saluran tersebut.

Oleh sebab itu akun email yang memegang channel YouTube harus diperkuat, mulai dari autentikasi dua arah pada email sampai pada penambahan token untuk membuka akun email admin tersebut.