Sejarah Misterius Druid, Perantara Antara Manusia dan Dewa

Druit dan pendeta dalam jubah suci.
Druit dan pendeta dalam jubah suci.
Sumber :
  • Florilegius via Alamy Stock Photo

VIVA Tekno – Druid digambarkan sebagai seorang pemimpin agama di tempat yang sekarang menjadi Inggris dan Prancis. Mereka merupakan seorang filsuf, guru, orang yang bijaksana mengenai alam dan tradisi masyarakat serta mediator antara manusia dan dewa.

Itu merupakan pemahaman dari profesor arkeologi di Universitas Oxford, Barry Cunliffe dalam buku Druid: A Very Short Introduction (Oxford University Press, 2010).

Hampir semua yang kita ketahui tentang druid ditulis oleh non-druid, seringkali berasal dari Romawi. Hal tersebut menimbulkan masalah bagi sejarawan modern yang mencoba memahami siapa druid dan bagaimana peran mereka berubah seiring waktu.

Sejarawan tidak yakin kapan druidisme dimulai. Cunliffe mencatat bahwa referensi tertulis paling awal tentang druid berasal dari sekitar 2.400 tahun yang lalu, meskipun druidisme kemungkinan sudah ada lebih awal dari itu.

Julius Caesar yang menaklukkan Galia pada 58 SM hingga 50 SM dan menginvasi Inggris pada 55 SM hingga 54 SM merupakan salah satu sumber informasi utama tentang druid, melansir dari situs Live Science, Selasa, 27 September 2022.

Caesar berbicara dengan para druid

Caesar berbicara dengan para druid

Photo :
  • Peter Horree via Alamy Stock Photo

Dalam serangkaian buku yang secara kolektif dikenal sebagai 'The Gallic Wars', Caesar menulis bahwa para druid terlibat dalam hal-hal suci, melakukan pengorbanan publik dan pribadi serta menafsirkan semua masalah agama. Selain menjalankan tugas agama, mereka sering diminta untuk menyelesaikan perselisihan.