Apple Hapus Media Sosial Ternama Rusia dari App Store

Logo Apple.
Logo Apple.
Sumber :
  • Market Exclusive

VIVA Tekno – VKontakte atau yang kerap dikenal dengan VK, salah satu media sosial terbesar di Rusia, menyatakan bahwa aplikasinya telah diusir dari Apple App Store

Dilansir dari The Verge, pihak VK akan tetap mengembangkan layanan dan mendukung aplikasi iOS untuk pengguna yang telah mengunduh aplikasi walaupun sudah tidak tersedia lagi di App Store. 

Kementerian Perdagangan Digital Rusia menyatakan bahwa mereka masih menelusuri alasan penghapusan aplikasi VK dan akun para pengembangnya di Apple. Di sisi lain hingga kini aplikasi VK masih tersedia di Google Play Store. 

VK, media sosial asal Rusia

VK, media sosial asal Rusia

Photo :
  • vk.com

Sejak Rusia menginvasi Ukraina, pemerintahnya telah memblokir sejumlah media sosial Amerika seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. AS dan pemerintah lainnya memberikan sanksi kepada individu dan bisnis yang berafiliasi dengan Pemerintah Rusia.

VK dibuat pada tahun 2006 oleh Pavel Durov, yang akhirnya dikeluarkan dari perusahaan dan berbasis di kota Saint Petersburg. Media sosial ini digunakan untuk mengirim pesan, membuat grup percakapan, membagikan unggahan, dan bermain game melalui browser

Apple menghapus aplikasi VK menandakan bahwa pengguna iPhone Rusia tidak lagi memiliki akses ke aplikasi ke situs paling populer kelima di negara ini. Perusahaan mengungkapkan kepada Interfax aplikasi dapat terus berfungsi namun mungkin ada masalah dengan pemberitahuan dan pembayaran.